PENGARUH SOLVABILITAS TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Widia Astuty

Abstract


Investor dalam menanamkan modalnya terlebih dahulu melihat bagaimana keadaan perusahaan tersebut terutama yang berhubungan dengan pertumbuhan rasio solvabilitas dan menghubungkan pertumbuhan solvabilitas perusahaan dengan perubahan laba dari perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mernbuktikan secara empiris pengaruh solvabilitas terhadap perubahan laba perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan 2006-2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh 8 sampel dalam penelitian ini. Variabel independen dari penelitian ini adalah debt to asset ratio (DAR) dan debt to equity ratio (DER) dan variabel dependennya adalah perubahan laba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi dari data laporan keuangan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Selanjutnya Uji t dan Uji F, serta koefisien determinasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to equity ratio (DER) secara parsial dan simultan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan laba pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Kata kunci : Debt to asset ratio, Debt to equity ratio, Perubahan laba


Keywords


Debt to asset ratio, Debt to equity ratio, Perubahan laba

Full Text:

PDF

References


Baridwan Zaki (2004). Intermmediate Accounting (edisi 8). Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UGM.

Jumingan (2009). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan 3). Jakarta : Bumi Aksara.

Kasmir (2010). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan 3). Jakarta : Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.