PERTANGGUNGJAWABAN PENJUAL DAN RESELLER TERKAIT KERUSAKAN BARANG DALAM PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK

Yolanda Pernando

Abstract


Dalam menjalankan roda bisnisnya reseller adalah pihak yang tidak termasuk sebagai pihak yang disebut sebagai konsumen dalam UU Perlindungan Konsumen. UU Perlindungan Konsumen hanya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan konsumen adalah konsumen akhir. Padahal dalam perdagangan elektronik, reseller sekaligus mencakup pembeli dari pelaku usaha yang lebih besar lagi. Hal itu kemudian menunjukkan adanya kekosongan hukum terkait perlindungan konsumen terhadap reseller yang menjadi pihak pembeli dari sebuah pelaku usaha. Sampai hari ini kondisi konsumen dalam penelitian ini dimaksud adalah reseller. perlindungan terhadap reseller pada perdagangan melalui sistem elektronik belum dapat dilakukan secara optimal karena pengaturannya masih tersebar dalam beberapa Undang-Undang (UU) yang memerlukan peraturan pelaksanaan. UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen belum mampu menjangkau pelindungan reseller dalam perdagangan elektronik secara keseluruhan, khususnya dalam hal para pihak memiliki perbedaan yurisdiksi.

 

Kata kunci: penjual, reseller, barang, elektronik

TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Gede, Dewa, 2017, “Hubungan Hukum Antara Pelaku Usaha Dengan Konsumen”, Kertha Semaya, Vol. 5, No. 1.

Hasanah, Nur, 2019, Analisis Mekanisme Dropshipper Dan Reseller Di Toko Online S3 Komputer Surabaya”, Skripsi (Tidak diterbitkan, Surabaya: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Kristiyanti, Celina Tri Siwi, 2008, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Sinar Grafika, Cet. I.

Misna, 2020, “Sistem Reseller Dalam Praktik Jual Beli Online Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Pada Hijrah Olshop Palopo)”, Skripsi (Tidak diterbitkan, Palopo: Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).

Muslim, Shohib, dan Farida Akbarina. 2016. “Kajian Tentang Aspek Hukum Bisnis dan Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce, Jurnal Administrasi dan Bisnis, Vol. 10, No. 1, Malang,: Politeknik Negeri Malang.

Oktaviandi, Arbi Hidayat, “Tanggung Jawab Reseller Terhadap Konsumen Dalam Sistem Jual Beli Online”. Karya Ilmiah. Fakultas Hukum Universitas Mataram, Mataram, 2017.

Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik

Primayoga, Andhika Mediantara, et al., “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Menerima Barang Tidak Sesuai Pesanan Dalam Transaksi Jual Beli Online”, Diponegoro Law Journa l Vol. 8, Nomor 3, 2019, melalui https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dlr/article/view/24558, diakses 10 September 2021.

Purbacaraka, 2010, Perihal Kaedah Hukum, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Purwaningsih, Endang, 2010, Hukum Bisnis, Bogor: Ghalia Indonesia.

Republik Indonesia Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Republik Indonesia Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Sardjono, Agus, et al., 2018, Pengantar Hukum Dagang, Jakarta: Rajawali Pers.

Setiani, Herlin, dan Muhammad Taufiq. 2018. “Perlindungan Konsumen Atas Barang Yang Tidak Sesuai Dengan Perjanjian Dalam Perdagangan Elektronik Dikaitkan Dengan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik”, Jurnal Living Law, Vol. 10 No. 2.

Shidarta, 2000, Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia, Jakarta: PT Grasindo.

Syafi’i, Ahmad, 2003, Bisnis Dropshipping dan Reseller, Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Widjaja, Gunawan, dan Ahmad Yani, 2008, Hukum Perlindungan Konsumen, Cetakan Keempat Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wirjono Prodjodikoro, R., 2011, Azas-Azas Hukum Perjanjian, Bandung: Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.