Pengembangan Kewirausahaan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Shita Tiara, Siti Fatima Hanum

Abstract


Perguruan tinggi adalah salah satu faktor yang dapat mendukung pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. Pada era revolusi Industri 4.0 mahasiswa dan lulusan dituntut tidak hanya menjadi seorang pencari kerja, tetapi lebih menuntut mereka menjadi pencipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat seperti Wirausaha. Wirausahawan harus mampu berkreativitas, berinovasi, mampu menggunakan teknologi dan berani menghadapi resiko. Kegiatan pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa UMN Al Washliyah bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, sikap, motivasi, kemampuan manajemennya, pelatihan penggunaan peralatan teknologi dalam membuat produk usaha kesehatan, produk pangan ataupun jasa, dan pelatihan menggunakan teknologi memasarkan produk usaha. Peserta tenant PPK UMN Al Washliyah adalah mahasiswa peserta Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), mahasiswa Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), mahasiswa dan alumni yang berminat dan sedang merintis usaha. Metode yang digunakan pada kegiatan PPK UMN Al Washliyah lanjutan dengan menggunakan metode PALS (Participatory Action Learning System) dan technopreneurship memberdayakan kemampuan kewirausahaan tenant.

Keywords


Pengembangan, Kewirausahaan, UMN Al Washliyah

Full Text:

PDF

References


Suharyadi, Nugroho A, Purwanto., S.K, 2007, Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda, Jakarta, Salemba Empat.

Lembaga Penelitian dan Pengembangan, 2016, Rencana Strategi (Renstra) Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) 2016-2020, Medan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, 2016, Buku Pedoman Akademik.

Hanum., S.F., Tiara., S, Samran, Nasution., A, 2018, Pengembangan Kewirausahaan di Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Laporan Tahun 2018 Program Pengembangan Kewirausahaan, Medan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.