English Motipreneur Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Anak Sekolah

Yayuk Hayulina Manurung, Mega Larasati, Wilda Anggraini, Syafni Khoiriza

Abstract


Keprihatinan terhadap rendahnya minat dan motivasi belajar anak sekolah dalam belajar bahasa inggris di era globalisasi serta diperparah lagi dengan pengajaran yang masih konvensional di sekolah-sekolah sehingga menimbulkan tidak terwujudnya tujuan dari proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, tercetuslah sebuah ide yaitu English Motipreneur sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan bahasa inggris anak sekolah dan melihat peluang pasar yang sangat besar untuk menciptakan suatu kewirausahaan terhadap bidang pendidikan dengan produk berupa jasa. English Motipreneur adalah suatu jenis kewirausahaan dengan produk jasa yang dikemas dengan sentuhan yang berbeda dari kewirausahaan yang sejenisnya. Pemberian motivasi, merubah pola pikir anak sekolah bahwa belajar bahasa itu mudah dan tidak seperti monster yang menyeramkan. Selain itu, English Motipreneur memiliki konsep dalam memproduksi produknya yaitu seperti metode pengajaran yang non konvensional, media pembelajaran yang menarik dan interaktif serta dilengkapi dengan modul yang sudah memiliki ISBN. Metode pelaksanan yang digunakan mulai dari observasi pasar, persiapan, pemantapan riset pasar,pelaksanaan produksi dan pemasaran produksi. Saat ini, English motipreneur sedang melakukan kerjasama di sekolah dan English motipreneur sudah memiliki kantor yang berlamat di Jalan Sidomulyo Tembung Kabupaten Deli Serdang Kecamatan Percut Sei Tuan. Harga yang ditawarkan English Motipreneur sangat terjangkau, murah,meriah dan sesuai budget uang saku anak sekolah yaitu Rp. 5000/orang/sesi. English motipreneur adalah inovasi bisnis dalam bidang pendidikan sehingga mampu menjawab kebutuhan dalam upaya meningkatkan keterampilan dalam bahasa.

Keywords


English, Motivator,Entrepreneur, Fun, Inovatif

Full Text:

PDF

References


Abdorrakhman,2007. strategi belajar pembelajaran bahasa inggris.Yogyakarta: Humoniora

David,1999. Second Language Teaching and Learning.canada:heinle

International Language Program, 2004. Young Adults Courses.Jakarta : ILP

Kirzner, M. I. (2013). Competition and Entrepreneurship. New York: Liberty Fund.

Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Marketplus.co.id (may 21, 2016) Hasil survey EF bahasa inggris masyarakat Indonesia.http://marketplus.co.id/2016/05/ini-hasil-survei-ef-soal-skill-Berbahasa-Inggris-Masyarakat-Indonesia/i.Diakses pada tanggal 12 juni 2017

Valipour, Hashem., Hamid Birjandi & Samira Honarbakhsh. (2012). The Effects of Cost Leadership Strategy and Product Differentiation Strategy on the Performance of Firms. Journal of Asian Business Strategy, 2(1), 14-23




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.