UPAYA PEMANFAATAN BONGGOL PISANG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PADA IBU-IBU DI DUSUN 2 DESA TANJUNG ANOM

Mavianti Mavianti, Rafieqah Nalar Rizky

Abstract


Pisang merupakan salah satu buah unggulan di Indonesia. Hampir semua bagian tanaman pisang dapat dimanfaatkan. Hanya saja bagian bonggol pisang pemanfaatannya masih kurang. Bonggol pisang yang selama ini dianggap sebagai bahan yang tidak dapat dimanfaatkan bagi sebagian orang, namun pada hakikatnya, bonggol pisang dapat digunakan menjadi barang yang memiliki nilai jual. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian adalah sosialisasi dan praktek. Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sebenarnya bonggol pisang dapat dimanfaatkan untuk menambah dan meningkatkan ekonomi keluarga. Sedangkan praktek dilakukan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada ibu-ibu tentang bagaimana mengolah bonggol pisang mulai dari cara mendapatkan bonggol pisang, proses pengerjaan, packing dan strategi pemasaran. Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan baru pada para ibu rumah tangga. Selain itu, dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas pada masyarakat dan merupakan solusi usaha untuk masyarakat menengah ke bawah.

Keywords


Pelatihan, Bonggol Pisang, Kesejaheraan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Daulay, R. (2014). Strategi Jaringan Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 11(12), 112.

Komalasari, Ni N, T., Suter, I. K., Darmayanti, L. P. T. (2016). Karakteristik Lawar Bonggol Pisang (Musa sp). Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan, 5(1).

Mavianti. (2019). Mental Building In Entrepreneurship On Students In Facing The Industrial Revolution Era 4.0. Multi-Disciplinary International Conference University of Asahan, 312323.

Putri, L. P., Bismala, L., & Safina, L. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Ekonomi Kreatif Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Ekonomi. Jurnal Sains Penelitian & Pengabdian, 2(1), 16.

Saragih., B., & Katarida, D. (2018). Pemanfaatan Tepung Bonggol Pisang (Musa Paradisiaca Linn) Sebagai Pangan Alternatif Dalam Mendukung Ketahanan Pangan. Seminar Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia. Banda Aceh.

Suyanti, & Supriyadi, A. (2008). Pisang : Budidaya, Pengolahan dan Prospek Pasar. Jakarta: Penebar Swadaya.

Yuanita, V., & Rahmawati, Y. (2008). Pabrik Sorbitol dari Bonggol Pisang (Musa Paradisiaca) dengan proses Hidrogenasi Katalitik. Jurnal Ilmiah Teknik Kimia.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.