Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan

Asrizal Efendy Nasution, Linzzy Pratami Putri, Muhammad Taufik Lesmana

Abstract


212 Mart hadir sebagai jawaban untuk memenuhi permintaan konsumen yang ingin berbelanja di pasar modern yang berlandaskan syariah. Namun kehadirannya yang masih baru, belum mampu bersaing dan merebut pasar yang adaAda banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diantaranya adalah harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen di 212 Mart Medan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif deskriptif dengan objek penelitian adalah pelanggan 212 Mart Medan. Pengujian dilakukan dengan uji regresi linier berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik, kemudian dilakukan uji hipotesis secara parsial (uji-t) dan simultan (uji-f). Setelah itu mencari koefisien determinasi untuk melihat seberapa besar persentase varians variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial variabel harga, dan promosi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di 212 Mart Medan, sedangkan variabel kepercayaan dan karakteristik konsumen berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan variabel harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen pada 212 Mart Medan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords


Harga, Promosi, Kepercayaan, Karakteristik Konsumen, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amanah, Dita. (2012). Pengaruh Harga dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Indomaret Karya Jaya Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(12).

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Press.

Dinawan, Rhendria, Muhammad. (2010). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(3).

Ghozali, I,. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Handoko, Hani, T,. dkk. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Hikmawati, Aprilia, Kuncoro, dkk. (2016). Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).

Istiyanto, Budi. dkk. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rental Mobil di Surakarta. GEMA 49. Agustus : Semarang.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Edisi Milenium 1, P.T. Prenhallindo.

Kotler, Philip,. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Edisi 12 Jilid 1, Erlangga.

Maksum, Tri, dkk. (2015). Pengaruh Karakteristik Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi pada PT Sequislife Insurance Cabang Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 5 (1).

Minor, M. dan Mowen, J.C. (2001). Perilaku Konsumen. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Mcknight, D.H., V. Choudury., & C.J. Kacmar. 2002. Developing And Validating Trust Measure for E-Commerce : An Integrative Typology. Information System Research,13(3): 334-339.

Moenir. (2008). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Schiffman. dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi 7, Jakarta : Indeks.

Sugiarto, Endar. (2002). Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta : Gramedia.

Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam

Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta : Centre of Academic Publishing Service (CAPS).

Sutojo. (2007). Menyusun Strategi Harga. Jakarta : Damar Mulia Pustaka.

Swasta, Basu. dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandi. dan Gregorius, Chandra. (2011). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta : CV ANDI.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.