Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan

Nadia Ika Purnama, Novien Rialdy

Abstract


Setiap perusahaan pada dasarnya ingin mencapai tujuan organisasi yaitu mencapai penjualan yang paling maksimal. Penjualan sangat penting bagi suatu perusahaan karena dapat menentukan perkembangan suatu perusahaan baik atau tidak. Jika penjualan tinggi maka perusahaan dapat berkembang. Begitu juga sebaliknya. Kualitas produk dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Begitu juga dengan personal selling yang merupakan salah satu cara penjualan yang bertatap muka langsung dengan pelanggan. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan alat-alat bangunan pada PT. Rodes Chemindo Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk dan personal selling secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Dan secara parsial kualitas produk dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelangan, serta personal selling merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan dibandingkan kualitas produk pada PT. Rodes Chemindo Medan. Kesimpulan penelitian ini adalah secara simultan dan parsial kualitas produk dan personal selling berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rodes Chemindo Medan

Keywords


Kualitas Produk, Personal Selling, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 6881.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran (14th ed.). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran): Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Machfoedz, M., & Machfoedz, M. (2015). Kewirausahaan : Metode, Manajemen, dan Implementasi (1st ed.). Yogyakarta: BPFE.

Marwanto, A. (2015). Marketing Sukses (1st ed.). Yogyakarta: Kobis.

Masud, M., & Machfoedz, M. (2015). Kewirausahaan : Metode, Manajemen, dan Implementasi Edisi Kedua (1st ed.). Yogyakarta: BPFE.

Mulyono, B. H., Yoestini, Nugraheni, R., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). JURNAL STUDI MANAJEMEN & ORGANISASI., 4(2), 91100.

Siregar, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Zuliatin. (2016). Pengaruh Personal Selling, Direct Selling Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Kepuasan Nasabah Studi Kasus pada BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro Blitar. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 87104.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.