Pemanfaatan Pekarangan dalam Usaha Budidaya Sayuran Secara Hidroponik

Masyhura MD MD, Nel Arianty

Abstract


Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Desa Pasar V Kebun Kelapa adalah desa yang memiliki potensi untuk budidaya sayuran secara hidroponik karena memiliki pekarangan yang luas dimana pekarangan yang dimilki hanya di tanami dengan tanaman hias dan pohon pelindung saja. Permasalahan selama ini ibu-ibu yang ada didesa tersebut belum memanfaatkan pekarangan untuk budidaya sayuran karena umunya mereka belum mengetahui cara pemanfaatan pekarangan apalagi budidaya sayuran secara hidroponik. Adapun kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi pemberian materi pengetahuan tentang hidroponik, pelatihan pembuatan media hidroponik dan budidaya sayuran secara hidroponik.Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mengajak ibu-ibu yang ada di Desa Pasar V Kebun Kelapa untuk memanfaatkan pekarang yang ada disekelilingnya dalam usaha budidaya sayuran secara hidroponik sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga terutama sayuran dan juga dapat dijual untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Keywords


Budidaya, Hidroponik, Pekarangan

Full Text:

PDF

References


Rakhman A, B. Lanya, R.A. B. Rosadi, dan M. Z. Kadir. 2015. Pertumbuhan Tanaman Sawi Menggunakan Sistem Hidroponik dan Akuaponik. J. Teknik Pertanian Lampung 4(4): 245-254.

Rochintaniawati D. 2016. Hidroponik Sederhana. Http://File.Upi.Edu/Direktori/ Fpmipa/Jur._Pend._Biologi/Diana_Rochintaniawati/Biology_Terapan/Hidroponik_Sederhana .Pdf

Roidah I. S. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. J. Universitas Tulungagung Bonorowo 1(2): 43-50.

Silvina F dan Syafrinal. 2008. Penggunaan Berbagai Medium Tanam dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair pada Pertumbuhan dan Produksi Mentimun Jepang (Cucumis sativus) secara Hidroponik. J. SAGU. 7 (1): 7-12.

Surtinah. 2016. Penambahan Oksigen pada Media Tanam Hidroponik terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa). J. Bibiet 1(1): 27-35.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.