Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Sangkar Burung Ditinjau dari Perspektif Wisatawan dan Masyarakat Lokal Kabupaten Dairi

Maria Kristina Situmorang, Isabella Catarina Ketaren

Abstract


Obyek Wisata Sangkar Burung terletak di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kawasan wisata selalu mengupayakan perubahan dan pengembangan terhadap sarana dan prasarana. Berdasarkan pengamatan dan data dari petugas, kawasan objek wisata ini juga cendrung membosankan karena belum tersedianya fasilitas yang lain seperti souvenir, atraksi hiburan dan tempat menarik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pengembangan kawasan wisata ditinjau dari perspektif wisatawan dan masyarakat lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengunakan sampel yang dipilih dengan teknik accidental sampling sebanyak 100 responden yang terdiri wisatawan lokal 50 responden dan masyarakat setempat 50 orang responden. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT serta matrik internal dan eksternal (IE). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai IFAS 0,438 dan EFAS 1,647 yang menunjukkan objek wisata ini berada pada Kuadran I yaitu mendukung strategi pertumbuhan agresif yang menunjukkan Objek Wisata ini memiliki kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Keywords


Objek Wisata, Strategi, Perspektif, SWOT,EFAS,IFAS

Full Text:

PDF

References


M. Dadan Mukhsin, ST., Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Gunung Galunggung, J. Perenc. Wil. dan Kota, vol. 14, no. 1, pp. 111, 2015.

Y. Sinambela, ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CV KARUNIA MAKMUR PERSADA ( KMP ) DENGAN METODE SWOT, vol. 02, no. 02, 2018.

A. K. T. dkk Meiwany, STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN ( Studi Pada Objek Wisata Pantai Oetune Kabupaten TTS, J. Manag. Vol., vol. 6, no. 1, pp. 120, 2018.

U. I. Panjaitan et al., Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Alam Air Terjun Teroh Teroh Desa Rumah Galuh Kecamatan Sei Bingai , Kabupaten Langkat Sumatera Utara Analysisof Potency and Strategy of Tourism Object Development of Waterfall of Teroh Teroh Desa Rum, J. Nas. Pariwisata, 2015




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.