Pemanfaatan Kaleng Bekas Menjadi Celengan di Desa Kotasan

Citra Utami, Isra Hayati, Indrayani Indrayani

Abstract


Pengembangan kemandirian dan kreativitas sejak dini dibutuhkan untuk mempersiapkan anak menjadi generasi penerus yang tangguh dan siap bersaing. Dalam Program kuliah kerja Nyata (Kegiatan PKM KKN UMSU), dilaksanakan pelatihan keterampilan pembuatan celengan dari kaleng bekas yang diberikan secara langsung kepada siswa/i SDN 101965 di Desa Kotasan kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Tujuan dari pelatihan adalah untuk menumbuhkan jiwa kreativitas, minat menabung dan sikap peduli terhadap lingkungan. Wawasan dan pengetahuan anak juga bertambah bahwa barang bekas yang ada disekitarnya dapat dimanfaatkan menjadi barang yang unik, menarik dan juga memiliki nilai jual.

Keywords


kaleng bekas, pelatihan, celengan

Full Text:

PDF

References


Afandi, Rifki. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagogia, 1(1), 85 98.

Bernadi, Resna Maulia Ayu. (2017). Peningkatan kreativitas siswa kelas IV SD melalui pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan open-ended. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 91 101.

Djamdjuri, Dewi Suryani., Sendi Romadhon Simorangkir,. & Diyah Wulandari. (2018). Memberdayakan Keilmuan Dan Kreatifitas Sumber Daya Manusia Disertai Pemahaman Akan Pentingnya Menjaga Lingkungan. Abdi Dosen Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat , 2(3), 244 256.

Fauziddin, Mohammad. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula, 1(3), 1 11.

Hanafi, Sri Hardiningsih., & Sujarwo. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas Di Tk Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat UNY, 2(2), 215 225.

Imroati. (2019). Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dengan Memanfaatkan Barang Bekas. Jurnal Educatio (JE) Universitas Hamzanwadi, ,14(01), 64 72.

Paryanti, Dwi. (2017). Peningkatan Soft Skills pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kompetensi IPA Melalui Metode Inquiry di Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 35 46.

Putri, Maisyah. (2019). Peran Komunikasi Verbal Dalam Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Mandarin Bagi Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Interaksi, 3(1), 51 57.

Siwiyanti, Leonita., & Din Azwar Uswatun. (2016). Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Ipa Di Sd. Pedagogik, 4(2), 58 70.

Sobakhah, Lutfiana Baroditus., & Zuhrina Aulia Izzati. (2017). Pelatihan Seni Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Di SDN Sukalela Bawean. Journal Of Teaching In Elementary Education, 1(2), 44 50.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.