PKM: Guru-Guru PAUD Melek Teknologi Kabupaten Simalungun

Agus Perdana Windarto, Iin Parlina, Anjar Wanto

Abstract


Tujuan Pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru PAUD khususnya pembelajaran interaktif berbasis software dan android di Kabupaten Simalungun karena pemanfaatan komputer bagi anak sangat dibutuhkan mengingat mereka adalah generasi yang akan menjadi putra-putri terbaik bangsa dimasa yang akan datang. Pengabdian dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada guru-guru PAUD dimana pelaksanaan kegiatan selama bulan juli 2019. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai jam 08.00- 11.30 WIB (sesi pertama), 14.00- 16.30 WIB (sesi kedua), setiap hari Sabtu, tanggal 20 dan 27 juli 2019. Lokasi pengabdian bertempat di TK Sandy Putra Pematangsiantar. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru PAUD di kabupaten simalungun. Alasan pemilihan lokasi pengabdian merupakan musyawarah dari perwakilan pengelola PAUD mitra di kabupaten simalungun. Bagi guru-guru PAUD disediakan transportasi untuk membawa ke lokasi pengabdian mengingat kegiatan tersebut memiliki dampak positip bagi guru-guru PAUD dalam mendidik anak bangsa di zaman revolusi industri 4.0. Metode yang digunakaan dalam pelaksaannya adalah dengan presentasi/ceramah, diskusi, tanya jawab, dan simulasi/latihan. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan dari 40 peserta guru PAUD, 18 peserta mampu menjawab soal (Post Test) mampu menjawab semua soal dengan benar sebanyak 10 soal (45%) dimana sebelumnya hanya mampu menjawab 9 soal (Pre Test) dengan benar sebanyak 5 peserta (13%).

Keywords


Pelatihan, Pengabdian, Guru-guru PAUD, Software interaktif, MELEK

Full Text:

PDF

References


Asilestari, P. (2016). Komputer Interaktif sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. JURNAL PAUD TAMBUSAI, 2(1), 2945.

Indonesia, P. R. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Retrieved from http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/08/PP-2005-19-SNP.pdf

Maryatun, I. B., & Hayati, N. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini. In Pendidikan Profesi Guru Program Pengembangan Pendidikan Anak (pp. 176).

Nugroho, N. T. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan STMIK Duta Bangsa). Duta.com, 11(1 September 2016), 1222.

Nurkholis, M. A., & Badawi. (2019). Profesionalisme guru di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019 (pp. 491498).

Richardo, R. (2016). Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Di Abad 21. In Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 777785).




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.