Deskripsi Karakteristik Konsumen dan Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah di Kota Medan

Nana Trisna Mei Br Kabeakan

Abstract


Beras putih merupakan beras yang umum dikonsumsi oleh penduduk Indonesia namun sekarang ini semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat maka semakin banyak pula masyarakat yang memiliki minat mengkonsumsi beras merah, hal ini dikarenakan beras putih dianggap lebih beresiko menyebabkan penyakit akan tetapi keputusan untuk beralih dari beras putih ke beras merah tidak terjadi begitu saja, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli beras merah di kota Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik konsumen (usia, jenis kelamin, status pernikahan, pendidikan dan pekerjaan) beras merah di kota Medan dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor internal (gaya hidup dan sikap) terhadap keputusan pembelian konsumen di kota Medan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen berdasarkan usia mayoritas konsumen berusia 31-40 tahun, berdasarkan jenis kelamin mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, berdasarkan status pernikahan mayoritas konsumen berstatus sudah menikah, berdasarkan tingkat pendidikan mayoritas konsumen berpendidikan Sarjana dan berdasarkan pekerjaan mayoritas konsumen bekerja sebagai ibu rumah tangga dan secara serempak faktor internal (gaya hidup dan sikap) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli beras merah di kota Medan.

Keywords


Faktor Internal, Keputusan Pembeli dan Beras Merah

Full Text:

PDF

References


D.R., C., & P.S, S. (2006). Business Research Methods. Mcgraw hill.

Indrasari, S. D., & Adnyana, M. O. (2007). Preferensi Konsumen terhadap Beras Merah sebagai Sumber Pangan Fungsional. Iptek Tanaman Pangan, 2(2), 227241.

Nuryani. (2013). Potensi Substitusi Beras Putih dan Beras Merah Seabagai Makanan Pokok Untuk Perlindungan Diabetes Melitus. Media Gizi Masyarakat Indonesia, 3(3), 157168.

Sangadji, M. E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsume Pendekatan Praktis disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen (Revisi). Jakarta: Prenada Media Grup.

Sopiah. (2013). The Effects of Compensation Towards Job Satisfaction and Job Performance of Employees Syariah Banks in Malang, Indonesia. International Journal of Learning and Development, 3(2).

Suardi, D. (2005). Beras Merah Untuk Peningkatan Mutu Pangan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 24(3).

Sugihartati, R. (2010). Membaca, Gaya Hidup dan Kapitalisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.