Pengaruh Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Sumut Barat

Muhammad Fahmi, Widya Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan, pengaruh budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan dan pengaruh motivasi dan budaya organisasi secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Sumut Barat Medan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan assosiatif yang merupakan penelitian yang menggunakan dua atau lebih variabel guna mengetahui hubungan atau pengaruh antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan karyawan PT. Telekomunikasi Indoneia Tbk Witel Sumut Barat yang berjumlah 212 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yaitu seluruh karyawan yang terpilih berjumlah 67 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket yang dihitung dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda, uji asumsi klasik, analisis Jalur, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh signifikan motivasi dan budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan baik secara persial maupun simultan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial ada pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan. Begitu juga budaya organisasi, berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Sedangkan secara simultan, ada pengaruh yang signifikan variabel motivasi dan budaya organisasi terhadap variabel produktivitas karyawan pada kantor PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Sumut Barat.

Keywords


Motivasi, Budaya Organisasi, dan Produktivitas Kerja Karyawan,Motivasi, Budaya Organisasi, dan Produktivitas Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga. Bismala, L., Ariyanty, N.& Farida, T. (2017).Perilaku Organisasi. Medan: UMSU Press.

Darmadi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepala Sekolahan Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi.Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish.

Gultom, D., Kurniawan (2014).Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Medan:JournalManajemen& Bisnis,14(2), 176-184.

Hartatik, I., Puji. (2014).Buku Praktis Mengembangan SDM.Cetakan Pertama. Yogyakarta: Laksana.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi.Cetakan Pertama Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muis, M., Ras, Jufrizen, & Fahmi, M.(2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. JurnalEkonomidanEkonomi Syariah, 1(1),9-25.

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama Cetakan Keenam. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Suwarto. (2016). Pengaruh Motivasi Budaya Organisasi dan Semangat Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Universitas Muhammadiyah Metro. Derivatif,10(2), 102-112.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Cetakan keempat. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Yusuf, Burhanuddin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Lembaga Keuangan

Syariah). Edisi pertama. Jakarta: Rajawali pers.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.