Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga

Nel Arianty, Masyhura Masyhura

Abstract


Susu kedelai adalah minuman serupa susu yang dibuat dari kedelai. Minuman ini berasal dari Tiongkok dan merupakan emulsi stabil minyak, air, dan protein. Susu kedelai memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat. Susu kedelai dapat dibuat dengan peralatan dapur sederhana dengan menggerus kedelai kering dengan air, ataupun dengan menggunakan mesin. Adapun yang menjadi fokus permasalahan pada masyarakat setempat bermula dari hasil pengamatan dilapangan dimana sebagian masyarakat memiliki usaha industri rumah tangga pengolahan susu kedelai dan belum menjalankan strategi pemasaran yang efektif. Dimana belum memilik kemasan yang baik, belum memiliki merek, promosi yang masih sederhana dan distribusi yang belum ada. Berdasarkan permasalahan ini perlu adanya pemberdayaan masyarakat desa khususnya pada usaha industri rumah tangga susu kedelai di Dusun Bina Karya Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang dengan cara memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang strategi pemasaran yang lebih baik lagi. Dengan adanya strategi pemasaran yang lebih baik diharapkan dapat menigkatkan pendapatan keluarga yang ada didaerah tersebut.


Keywords


susu kedelai, strategi pemasaran, pendapatan keluarga.

Full Text:

PDF

References


Andriany, D. (2015). Pengembangan Model Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Kota Medan Untuk Memperbaiki Taraf Hidup. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 3039.

Arianty, N. (2016). Pembelian, Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan. Prosiding Dies Natalis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, 7687.

Badan Agribisnis Deptan 1999. (n.d.). Penyusunan Rancangan Standiasi Prosedur Dan Cara Uji Serta Standar Komponen Alsin. Jakarta, Badan Pusat.

Deptan, B. A. (1999). Badan Agribisnis Deptan. In Penyusunan Rancangan Standiasi Prosedur dan Cara Uji Serta Standar Komponen Alsin. Jakarta, Badan Pusat.

Kotller, P. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Louw, A., & Kimber, M. (2007). The Power of Packaging, The Customer Equity Company. Retrieved from www.scribd.cm/doc/47169810/The-power-of-packaging.pdf

Masyhura, Nusa, M. I., & Prasetya, D. (2018). Aplikasi Ekstrak Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) pada Pembuatan Susu Kedelai ((Hylocereus polyrhizus). AGRINTECH :Jurnal Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian, 2(1), 513.

Simamora, B. (2001). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Swasta, B. (2000). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.