Penerapan Good Corporate Governance pada PT. Bank BUMN Tbk Regional I Sumatera Utara

M Firza Alpi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh prinsip- prinsip Good Corporate Governance, yang diwakili oleh keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran terhadap kinerja karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, berupa kuisioner dengan sampel yang diambil 30 karyawan. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji kelayakan model diketahui bahwa variabel bebas yang terdiri dari keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan pengujian berikutnya dengan menggunakan uji t diketahui bahwa seluruh prinsip dari Good Corporate Governance berpangaruh positif terhadap kinerja karyawan, karena beberapa prinsip dari Good Corporate Governance dapat meningkatkan keterbukaan informasi mengenai perusahaan secara teratur dan tepat waktu serta benar, selain itu perusahaan membentuk komite audit untuk memperkuat fungsi pengawasan intern oleh komisaris, sedangkan prinsip pertanggungjawaban mengatur pemenuhan tanggung jawab perusahaan sebagai entitas bisnis dalam masyarakat kepada seluruh stakeholders, prinsip kemandirian dapat mengatur tentang bagaimana karyawan mampu menghindari terjadinya dominasi yang tidak wajar oleh stakeholders, serta prinsip kewajaran meliputi kejelasan hak-hak pemegang saham untuk melindungi kepentingan pemegang saham minoritas dari kecurangan.

Keywords


keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban,kemandirian, kewajaran dan kinerja

Full Text:

PDF

References


Akbariyeh, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study: the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering, Science and Technology (JMEST, 2(1), 267.

Armstrong dan Baron dalam Irham Fahmi. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta.

Harsuko. (n.d.). Mendongkrak Motivasi Dan Kinerja: Pendekatan Pemberdayaan SDM. Malang: UB Press.

Mathis, R. L. & J. H. J. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2012). manajemen keuangan perusahaan. In manajemen keuangan perusahaan. Jakarta: mitra wacana media.

Febriani, R.A. Azizah. (2012). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rumah Makan Bebek Garang Cabang Braga Bandung. Skripsi pada Universitas Telkom: tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.