Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Repex Perdana Internasional (Licensee of Federal Express) Medan

Dewi Andriany

Abstract


Kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pimpinan untuk meningkatkan kualitas para karyawan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja antara lain program kompensasi yang adil dan layak, aspek sosial dalam pekerjaan, faktor intrinsik dari pekerjaan (psikologis) dan kondisi fisik pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan pada PT. Repex Perdana Internasional (Licensee of Federal Express) Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Repex Perdana Internasional (Licensee of Federal Express) Bagian Operasional (Kurir) yang berjumlah 39 orang dan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi tersebut akan diobservasi (penelitian sensus). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan pertama bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kedua lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dan ketiga kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja.

Keywords


Kompensasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Anas, K. (2013). Pengaruh Kompensasi dan LingkunganKerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Karya Mitra Muda. Jurnal Manajemen, 2(1), 111.

Jackson, S. (2011). Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Parvin, M. ., & Kabir, M. (2011). Factors affecting employee job satisfaction of the pharmaceutical sector. Australian Journal of Business and Management Research, 1(9), 113123.

Permatasari, A. U. N. (2014). Pegaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Raziq, & Mulabakhsh. (2015). Impact of Working Environment on Job Satisfaction. Procedia Economics and Finance, 23, 717725.

Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sopiah. (2013). The Effects of Compensation Towards Job Satisfaction and Job Performance of Employees Syariah Banks in Malang, Indonesia. International Journal of Learning and Development, 3(2).

Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Ddaya Manusia. Jakarta: Kencana.

Yasa, I. P. (2014). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Pada Karma Jimbaran. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(3).




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.