Pelatihan Total Quality Management Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Linzzy Pratami Putri, Rini Astuti, Delyana Rahmawany Pulungan, Isna Ardila

Abstract


Permasahan yang dialami oleh mitra adalah tidak adanya pelatihan mengenai manajemen untuk menjalankan kegiatan usaha. Kurangnya pengetahuan pelaku usaha tentang menjaga manajemen mutu yang baik untuk meningkatkan kualitas dan loyalitas pelanggan. Tidak adanya pelatihan mengenai TQM yang sangat bermanfaat bagi keberlanjutan usaha. Adapun solusi yang ditawarkan adalah memberikan sosialisasi tentang pentingnya menjalankan usaha dengan menerapkan manajemen kemudian bagaimana meningkatkan mutu hasil pruduksi serta manfaat strategi pemasaran untuk mampu bersaing dengan competitor. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan penjelasan dan pelatihan kepada mitra tentang prinsip (Total Quality Management) TQM yang bermanfaat bagi kefektifan dan efiseinsi dalam melaksanakan kegiatan operasional demi terwujdunya total mutu dalam pelaksanaan pekerjaan samapi kepada hasil kerja (produk). Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah ceramah dan pelatihan yang dilakukan terhadap mitra.

Keywords


Pelatihan, Total Quality Management, UMKM

Full Text:

PDF

References


Bismala, L. (2017). Manajemen Produksi Berbantuan Program POM-QM for Windows. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Hidayah, N., & Indarti, S. (2016). Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) Terhadap Budaya Kualitas dan Daya Saing untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi pada Usaha Mikro Percetakan Digital printing di Kota Pekanbaru-Riau). Tepak Manajemen Bisnis, III(3).

Tampubolon, M. (2004). Manajemen Operasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ulfa, F., & Rahardjo, S. T. (2013). Analisis Pengaruh Implementasi Manajemen Kualitas Terhadap Kinerja Organisasi pada Usaha Kecil Menengah di Kota Salatiga. Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi, 10(1).

www.bps.go.id




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.