Pemanfaatan Sampah Bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga Kecamatan Medan Deli

Dewi Andriany, Mutia Arda

Abstract


Masalah sampah merupakan isu penting dilingkungan perkotaan yang terus menerus dihadapi sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk dan peningkatan aktivitas pembangunan. Kondisi eksisting persampahan di Kota Medan, khususnya di Medan Deli adalah masih banyaknya illegal dumping. Hal tersebut disebabkan karena tingkat kesadaran penduduk yang masih kurang dimana masih banyak masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya. Hal ini diperparah dengan kondisi banyaknya pabrik di sekitar Medan Deli sehingga para karyawan di Pabrik tersebut membuang sampah sambil mereka pergi bekerja. Tujuan program ini memberikan pelatihan pengelolaan sampah dan pengetahuan tentang peluang bisnis. Target khususnya adalah terbentuk kelompok ibu rumah tangga yang produktif dan aktif serta memiliki inovasi dalam mengelola sampah, sekaligus dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga. Adapun metode yang akan digunakan adalah dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan dengan mendaur ulang sampah agar dapat meningkatkan pendapatan ibu rumah tangga di Medan Deli serta melakukan sosialisasi dan pelatihan pemilahan sampah sehingga mempunyai nilai jual, selanjutnya dimonitoring oleh tim pengusul sampai mitra dapat mengembangkan dirinya sendiri sehingga dapat meningkatkan pendapatan dalam rumah tangga. Kesimpulan program ini adalah mitra mampu melakukan pengelolaan sampah secara kontiniu sekaligus mampu meraih peluang dalam bisnis dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga, karena adanya bank sampah sebagai wadah studi banding bagi mitra.


Keywords


Entrepreneurship, Pelatihan, Tenant.

Full Text:

PDF

References


Anggriani, Reni. (2018). Kesadaran Masyarakat Pedukuhan Tlogo, Desa Kebonagung Imogiri, Bantul Untuk Pengelolaan Sampah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1) 43-49. ISBN 978-602-5450-41-9.

Arda, Mutia. (2020). Promosi dan Pembukuan Online Bagi Koperasi Di Kecamatan Medan Deli. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi). 3(2) 108-114. E-ISBN 2620-5866.

Bismala, L., & Handayani, S. (2017a). CORE COMPETENCY FACTORS AND SMEs COMPETITIVE STRATEGY. International Journal of Recent Scientific Research, 8(9), 2025720261. https://doi.org/10.24327/IJRSR.

Bismala, L., & Handayani, S. (2017b). Improving Competitiveness Strategy for SME s through

Optimization Human Resources Management Function. In The 7th Annual International

Conference (AIC) Syiah Kuala University and The 6th International Conference on

Multidisciplinary Research (ICMR) (pp. 416424).

Fatricia, Raja Sharah dan Sari, Layra Nichi, 2018, Marketing Strategy of Bina Usaha Al-Ihsan Cooperative, Jurnal Digest Marketing, Volume 3, No.1, Januari-Juli 2018.

Handayani, Susi., Bismala, Lila., Arda, Mutia. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. 1(1) 52-57. ISSN 2714-8785.

I Made Wirartha . (2006) . Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Andi.

Notoatmodjo, S. (2002). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Santoso, E. B. (2012). Diktat Analisis Lokasi Keruangan. Surabaya : Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ITS.

Suyoto, Bagong. (2008). Rumah Tangga




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.