Peningkatan Kapasitas Entrepreneurship Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Tenant

Mutia Arda, Dewi Andriany, Yayuk Hayulina Manurung

Abstract


Kewirausahaan saat ini sudah menjadi sebuah peluang dan sekaligus menjadi standar keberhasilan atau kesuksesan dalam lapangan kerja. Menjadi pengusaha lebih diharapkan dibandingkan menjadi pegawai negeri sipil dan sebagai karyawan pada perusahaan. Untuk itu dalam rangka melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif, perlu dilaksanakan suatu program yang dapat meningkatkan kapasitas entreprenuership di kalangan mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan universitas yang salah satu kompetensi kelulusannya adalah kewirausahan, dari tahun ke tahun berusaha meningkatkan kualitas mutunya. Selama ini kegiatan kewirausahaan berpusat pada bidang kemahasiswaan, namun secara peningkatan kapasitas untuk menjadi entrepreneurship belum optimal. Tujuan adanya program kemitraan masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan bagi tenant yaitu pembentukan wirausaha baru yang mandiri ulet, tangguh, dan kreatif serta mampu memberikan inovasi yang menjadi permintaan pasar. Metode yang digunakan adalah melakukan rekrutmen tenant (mahasiswa wirausaha), melakukan pelatihan (sesuai kebutuhan tenant), pendampingan untuk membantu fasilitasi pengurusan legal tenant, menjalin kemitraan dengan ukm. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari terlaksananya pelatihan business plan dan business model canvas, pelatihan manajemen usaha, dan pelatihan inovasi produk dan peningkatan teknologi yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Serta terlaksananya pendampingan tenant yang meliputi pengurusan izin usaha, studi banding ke UKM, dan adanya jaringan kerjasama antara tenant dan inkubator bisnis di UMSU.


Keywords


Entrepreneurship, Pelatihan, Tenant.

Full Text:

PDF

References


Andriany, Dewi., Arda, Mutia. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Milenial. FRIMA : Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi. 428-433. ISSN 2656-6362.

Bahri, Syaiful., Arda, Mutia. (2019). Pengaruh Karakteristik Pengusaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Pada Kalangan Generasi Z. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. 1(1), 265-273. E-ISSN 2714-8785.

Chen, W., Weng, C. S., & Hsu, H. (2010). A study of the entrepreneurship of Taiwanese youth by the Chinese Entrepreneur Aptitude Scale. Journal of Technology Management in China, 5(1), 2639. https://doi.org/10.1108/17468771011032778

Cheng, M. Y., Chan, W. S., & Mahmood, A. (2009). The effectiveness of entrepreneurship education in Malaysia. Education and Training, 51(7), 555566. https://doi.org/10.1108/00400910910992754

Chimucheka, T. (2013). The Impact of Entrepreneurship Education on the Establishment and Survival of Small, Micro and Medium Enterprises (SMMEs). Journal of Economics, 4(2), 157168. https://doi.org/10.1080/09765239.2013.11884975

Handayani, Susi., Bismala, Lila., Arda, Mutia. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. 1(1), 52-57. E-ISSN 2714-8785.

I Made Wirartha . (2006) . Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Andi.

Napitupulu, E. L. (2009). Kemampuan Berwirausaha Perlu Diciptakan. Retrieved from www.kompas.com.

Septiana, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Karakter Wirausaha, Dan Persepsi Tentang Program Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 4(5).

Yanti, Aprilda. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2),268-283.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.