Dampak Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Intervening pada UMKM ikan lele di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang

Nel Arianty, Robby Gunawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga terhadap minat beli dengan kualitas produk sebagai variabel intervenig pada Usaha Kecil Menengah Ikan Lele di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen UKM ikan lele di Desa Purwodadi Kecamatan Pagat Merbau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan variabel intervening sebagai penghubung antara satu variabel bebas yaitu harga dengan variabel terikat yaitu minat beli.

Keywords


Harga, Kualitas Produk, dan Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., & Tantri, F. (2010). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Agiska, L. F. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Keterjangkauan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Toko Elizabeth Di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 1(1).

Ali, M. T. R. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9).

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.

Almunawaroh, T., & Ngasifudin, M. (2019). Pengaruh Kelengkapan Barang Dan Harga Terhadap Minat Belanja Di Pasar Tradisional Cibeunying. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1).

Andreany, F. (2017). Analisis pengaruh sikap konsumen terhadap produk buatan Tiongkok terhadap persepsi kualitas produk Smartphone Xiaomi.

Andriani, T. (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Mahasiswi Membeli Produk Kecantikan Maybelline (Study Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi). Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala, 3(1).

Arianty, N. (2015a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1219.

Arianty, N. (2015b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 6881. https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.958

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 1219.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Erlangga.

Darmanto, Wardaya, S., & Dwiyani, T. (2015). Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi Penerapan Variabel Anteseden, Moderasi dan Mediasi Dalam Penelitian Ilmiah. Deepublish.

Daulay, R., & Saputra, R. (2019). Analysis Of Customer Relationship Management And Marketing Strategies Against Competitive Advantage On The Companys Distributor In Medan City. ICEMAB 2018, 19. https://doi.org/10.4108/eai.8-10-2018.2288694

Deviyanti, J. (2020). Analisis SEM-PLS dengan WarpsPLS 7.0- Untuk Hubungan Nonlinier dalam Peneitian Sosial dan Bisnis (Edisi Satu). ANDI.

Eka, P. D. (2019). The Influence of Product Innovation and Product Quality on Consumer Purchase Interest in PT. Alfasindo Metal in Jakarta. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 197206.

Fauzan, A., & Rohman, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ekobis : Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 9(2).

Frisca, S. (2015). Pengaruh Harga Dan Spesifikasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Laptor Acer.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171180.

Gultom, R. M., Budiarto, B., & Utami, H. H. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 20(2), 8194. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3488

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 3043.

Hamdi, A. S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan (Edisi Satu). Deepublish.

Indrayani, L., & Nurcaya, I. N. (2014). Peran Persepsi Kualitas Produk Dalam Memediasi Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Niat Beli Handphone Samsung Galaxy Di Kota Denpasar.

Izzuddien, S., Mawardi, M. K., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Country Of Origin Terhadap Persepsi Kualitas Serta Dampaknya Kepada Minat Beli Sepatu Wakai (survei online pada masyarakat Kuala Lumpur Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)2, 64(1).

Juhaeri. (2020). Effect of Promotion and Price on Customers Purchase Interests at PT Sumber Cipta Multiniaga, South Jakarta Branch. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik, 10(1), 3544.

Juliandi. (2018a). Struktural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). (Edisi Satu). UMSU Pers.

Juliandi, A. (2018b). Struktural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPls.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep Dan Aplikasi. (Edisi Satu). UMSU Pers.

Kotler, P. dan K. L. K. (2009). . Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 dan 2. Cetakan Keempat. PT. Indeks.

Kotler, Philip. (2013). Manajemen Pemasaran (10th ed.). Erlangga.

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran (1st ed.). PT Index.

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Ketigabela). Erlangga.

Kotler, Phipip, & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. PT. Index.

Kurnia, M., Hartiati, A., & Satriawan, K. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Layanan Dengan Metode Importance Perfomance Analysis (Studi kasus Mie Rampok Jimbaran). Jurnal REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, 6(1), 4556.

Kurniawati, L. M. (2019). Influence of Product Quality and Brand Equity on Buying Interest in Zoya Products in Botique, Tambun. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 1(1), 7582.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis2, 16(2), 111.

Mahemba, U. S. A. K. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Marchelyno, S. M., Sundalangi, & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (EMBA)., 2(1), 313324.

Maryati, K., & Suryawati, J. (2013). Sosiologi (Edisi Satu). Erlangga,.

Meilani, Y. C. P., & Simanjuntak, S. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan., 14(2), 164172.

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(2), 720.

Nasution, M. F. R., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajamen Dan Bisnis, 14(2), 135142.

Nisa, A. S. (2018). Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dalam Berbelanja Online Di Instagram. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oktaviani, L. (2014). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Persepsi Kualitas, Persepsi Merek, dan Intensi Pembelian oleh Konsumen untuk Produk Susu Cair Kemasan Botol Merek XYZ.

Pandia, A. K. (2014). Pengaruh Harga, Keselamatan, Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Air Asia Indonesia. Https://Karyailmiah.Upi-Yai.Ac.Id/Files/Pdf/20140314180129.Pdf.

Powa, G. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat The Influence Of Quality Products, Prices And Word Of Mouth To Interest In Buying Consumers Handphone On Student Unsrat Feb. Jurnal EMBA2, 6(3), 11881197.

Prayogi, S., & Santosa, A. (2019). The Influence Of Product Quality, Prices And Promotions On Interest In Buying Sri Sulastris Batik. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(1), 917.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.

Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 174181.

Rakhmanita, A., & Vidada, I. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Properti Di Kota Tangerang. Jurnal Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 1(1).

Santoso, B. (2015). Faktor factor yang mempengaruhi minat beli jasa biro perjalanan wisata HOBI & TRAVEL JEMBER. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 1(1).

Sari, N. (2018). Pengaruh Harga Terhadap Persepsi Kualitas Produk. Kognisi Jurnal, 2(2), 113121.

Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 107116.

Savitri, C., & Flora, P. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. XXX. Buana Ilmu, 4(2), 711. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1137

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. PT. Indeks.

Sepang, J., & Joel, G. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 14631472. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5895

Setiawan, W., & Safitri, K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Beras Batang Gadis Di Agen S. Riyadi Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3).

Situmorang, S. H. (2010). Analisis Data (Edisi Satu). Medan USU Pers.

Sugiarto, B. U., & Subagio, H. (2014). Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra., 2(1), 114.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Edisi Satu). Alfabeta.

Sutianingsihh. (2010). Keputusan Konsumen Dalam Membeli Perumahan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntans, 1(1).

Taarufi, U., & Yamit, Z. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi, Pelayanan Rail Ticketing System (Rts) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan PT.Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Jurnal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 379394.

Tondang, B. W. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sepatu Bata Mtc Giant Pekanbaru. JOM FISIP, 6(11).

Visitnitikija, C., & Chonphunnon, A. (2016). Factors Effecting Consumer Behavior of Buying a Single Housing Estate. IRJAES, 2(1).

Wahyuni, T. U., & Abdurrahman. (2015). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Intensi Membeli Es Krim Magnum Melalui Minat Beli Konsumen. Proceedings Book Seminar Dan Konferensi Nasional 2015, 110.

Yohannes, S. (2007). Pengaruh Persepsi Harga terhadap Persepsi Kualitas Produk Roti Rammona Bakery Bandung. Universitas Kristen Maranatha.

Yudiatmaja, F. (2017). Analisis Jalur : Perhitungan Manual dan Aplikasi Komputer Statistik (Edisi Satu). Rajawali Pers.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 3147. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76

Zulviani, M., Akramiah, N., & Mufidah, E. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Tas Sophie Martin Paris. Jurnal EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.