Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Metode Pembelajaran Berbasis Online Di Smp Muhammadiyah 61 Medan

Yayuk Hayulina Manurung, Dewi Kesuma Nasution, Mutia Arda

Abstract


SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat berada di Jalan Perjuangan No 18 Dusun II-B Tanjung Selamat kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Kelurahan Tanjung Selamat merupakan daerah pinggiran Kota Medan juga perbatasan antara Kota Medan dengan Kabupaten Deli Serdang. Sekolah ini merupakan sekolah mitra FKIP UMSU yang didampingi oleh fasilitator dosen dalam program PINTAR Tanoto Foundation sejak 2 tahun belakangan ini berupa kegiatan pendampingan dilakukan dilakukan dalam bentuk kegiatan Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) berupa kegiatan pendampingan guru dalam pengajaran yang rutin dilakukan. Namun saat COVID 19 menyerang dimana social distancing wajib diterapkan maka kegiatan pendampingan terhenti sesaat dan kemudian mulai diaktifkan kembali secara daring dengan penggunaan aplikasi Zoom dalam pendampingan guru-guru dipilih sebagai alternatif pendampingan secara daring. Aplikasi ini mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan lima indra, mempercepat proses belajar dan mengajar, menimbulkan semangat dalam belajar, memberikan kesempatan bagi guru untuk berinteraksi langsung. Namun tidak pada para guru SMP Muhammadiyah 61. Latar belakang pengetahuan yang menyangkut kesiapan menggunakan aplikasi Zoom mereka masih sangat terbatas bahkan pada proses belajar siswa masih hanya menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran. Pelatihan dan pendampingan guru dalam penggunaan aplikasi Zoom sebagai salah satu metode pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru saat ini sehingga pembelajaran berbasis online, sebagaimana kebijakan pemerintah terkait antisipasi penyebaran Covid 19, dapat berjalan efektif dan efesien secara kreatif da inovatif meski di masa pandemic saat ini.


Keywords


Entrepreneurship, Pelatihan, Tenant

Full Text:

PDF

References


Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2. 97-102.2020Ditha Prasanti, D. R. F., 2018. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2, p. 16.

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1 314Ningtia, R. A. A., 2019. 99,99 Komik Strip Kids Jaman Now. Tanggerang: Mahara Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.