Pelatihan Keuangan Berbasis Aplikasi Si APIK Bagi Pelaku Usaha Loundry di Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Delli Serdang

Uun Ahmad Saehu, Henny Zurika Lubis, Pipit Putri Hariani MD

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman kebutuhan pelaporan keuangan sulit dipenuhi karena keterbatasan sumber daya manusia. Pencatatan transaksi keuangan dalam proses bisnis merupakan hal yang mendasar untuk menentukan kinerja bisnis, terutama terkait dengan laporan keuangan, termasuk bisnis laundry. Laporan keuangan dapat disusun dengan mudah jika transaksi dicatat dengan baik dan jelas sejak awal, dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis Aplikasi SI APIK yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Menyelenggarakan pelatihan online dengan Aplikasi Zoom dengan memberikan pelatihan pencatatan transaksi keuangan yang disajikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, studi kasus dan demonstrasi dipandu oleh instruktur mendemonstrasikan secara detail step by step mulai dari install, inisialisasi data bisnis, input data saldo awal , penginputan transaksi, hingga penyusunan laporan keuangan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam pelatihan pengelolaan keuangan bagi Pelaku Usaha Laundry di Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang masyarakat dapat mengetahui perkembangan usahanya melalui pembukuan yang baik dan sistematis, serta menambah pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang diterapkan dalam usahanya masing-masing. masing-masing. Salah satu indikatornya adalah pelaku usaha memiliki dokumen, baik catatan kegiatan usaha, laporan keuangan seperti laba rugi, neraca dan arus kas.

Keywords


Laporan Keuangan, Aplikasi, SI APIK, Pelaku Usaha

Full Text:

PDF

References


Agustina, Y., Ningsih, S. S., & Mulyati, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Aplikasi SI APIK Pada UMKM. INTERVENSI KOMUNITAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Bank Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia, 2015, Modul Pencatatan Transaksi Keuangan Usaha Kecil Badan Usaha Bukan Badan Hukum Sektor Jasa , Bank Indonesia.

Kartawan, 2016, Pemberdayaan UMKM Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Penerbit LPPM Universitas Siliwangi

Kartawan., Rinandiyana, Lucky Radi., Kurniawan. Dian. (2016), Pengembangan Usaha Melalui Peningkatan Kemampuan Bersaing Produk UMKM Dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No.2, Agustus 2016.

-------------, 2012, Kewirausahaan Untuk Para Calon Entrepreneur, Guardaya Intimartha, Bandung.

Muh.Islah, Hasyim, Muhammad Jayadi, Mursalim Sila, Ibm Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah, Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017 (Pp.262-265).(Agustina et al., 2021)Agustina, Y., Ningsih, S. S., & Mulyati, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Aplikasi SI APIK Pada UMKM. INTERVENSI KOMUNITAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Rinandiyana, L. R., Kusnandar, D. L., & Rosyadi, A. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID ( SIAPIK ) UNTUK MENINGKATKAN ADMINISTRASI KEUANGAN UMKM Hasil penelitian Pusat Data dan Informasi Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil pengelolaan keuangan . Karena biasanya tanpa pencatatan ya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 309316.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.