Bertahan Di Tengah Badai Pandemi Covid-19 Dengan Rehabilitasi Mangrove Dan Pemanfaatan Ekonominya

R Sabrina

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang membuat Kelompok Tani Hutan Peduli Pesisir mampu bertahan dari dampak Covid-19 dan kegiatan apa yang perlu dilakukan untuk pengembangan usaha yang akan memperkuat ketahanannya. Penelitian deskriptif ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara terbatas, diskusi, dan observasi lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen dan referensi. Ada faktor internal dan eksternal yang membuat kelompok ini mampu bertahan dari dampak Covid-19. Faktor internal antara lain semangat usaha, penerimaan kondisi, kekompakan antar kelompok, kepercayaan kepada pimpinan, usaha yang dijalankan terkait dengan pangan yang dibutuhkan setiap saat dan terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam yang sudah tersedia, menyesuaikan skala produksi, dan memiliki lahan usaha. Faktor eksternal antara lain adanya program dan lembaga pemerintah yang sesuai untuk mendukung bisnis. Sedangkan kegiatan yang perlu dilakukan untuk pengembangan usaha lebih lanjut adalah: rehabilitasi mangrove, pengembangan usaha ekonomi sesuai potensi yang ada dan peningkatan kapasitas anggota melalui program pelatihan. Dengan merehabilitasi dan memanfaatkan mangrove secara ekonomis akan meningkatkan ketahanannya

Keywords


Ketahanan, Kelompok, Mangrove, Ekonomi.

Full Text:

pdf

References


Anah, Eva Santi. 2017. Pengembangan Potensi Ekonomi Kawasan Pesisir Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Lembaran Masyarakat Vol. 3, no. 2, 29 Desember 2017, doi: 10.32678/Ibrmasy.v3i2.1186.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara. 2021 (a). Kebijakan Fiskal Penangan dampak Pandemi Covid-19. Bahan Paparan. Bappedasu. Medan.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara. 2021 (b). Outlook Perekonomian Provinsi Sumatera Utara. Bappedasu. Medan.

Maryati, Leli Ika dan Chomsyatun, Islami. 2018. Resiliensi pada Pengusaha UMKM Pasca Mengalami Kebangkrutan di Siduarjo. Jurnal Unmuhjember

Nafiati, Dewi Amaliah dan Mulyani, Endang Sri. (2020). Resiliensi UMKM dan Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Utilitas Vol. 6 No. 2 Tahun 2020.

Naughton, Rod Mc & Gray, Brendon. 2017. Enterpreneurship and Resilient Communities Introduction to The Special Issues. Journal of Enterprising Communities Vo. 11/1 2017.

Panggalih, Bagas Luhur. 2020. Pengembangan Potensi Wilayah Pesisir di Indonesia. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Riwayati. 2014. Manfaat dan Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera Vol. 12 (24) Des.2014.

Tumengkol, Selvie M. 2013. Potensi dan Permasalahan Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Website Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Mangrove dan Manfaatnya. kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi

Website Satuan Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19. Covid-19.go.id




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.