Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Itik Petelur (Anas Plathrynchos)

Yudha Andriansyah Putra, Gustina Siregar, Mhd Rizki Akbar Arifsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan usaha pembesaran itik petelur, serta untuk mengetahui strategi pengembangan usaha pembesaran itik petelur di Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode sensus yaitu 10 petani sedangkan jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan analisis deskriptif untuk strategi pengembangan usaha budidaya itik petelur. Hasil analisis pendapatan diketahui bahwa rata-rata biaya yang dikeluarkan petani sebesar Rp. 20.542.750,- per periode dan rata-rata pendapatan yang diterima peternak sebesar Rp47.250.000,- per periode dan rata-rata produksi itik petelur 1.350. Sedangkan untuk pendapatan rata-rata yang diperoleh petani adalah Rp. 26.707.250,- per periode (3 bulan). Dari analisis SWOT selisih skor internal adalah 0,92 dan skor eksternal 1,31 sehingga Kudran terletak pada kudran I (positif, positif) yang merupakan strategi agresif.

Keywords


Peternak, Tingkat Pendapatan, Analisis SWOT.

Full Text:

PDF

References


Feily Dan Bagus Harianto. 2012. 40 Hari Panen Itik Raja Itik Pedaging Unggul. Jakarta: P.T Agromedia Pustaka

Rangkuti, F. 2009. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta

Siregar, G. (2015). Analisis kelayakan dan strategi pengembangan usaha ternak sapi potong. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 17(3).

Wakhid, A. 2010. Buku Pintar Beternak Dan Bisnis Itik. Agromedia Pustaka, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.