Kewirausahaan Bouquet Bunga Kota Medan Aspek Ekonomi dan Pemasarannya

Muhammad Buhari Sibuea, Faiz Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek ekonomi kewirausahaan karangan bunga dan strategi pemasarannya. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu kualitatif dan kuantitatif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis kelayakan bisnis dengan model R/C dan B/C. Sedangkan untuk merumuskan strategi pemasaran digunakan model dengan matriks QSPM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wirausaha bisnis boquet layak dilakukan berdasarkan indikator R/C dan B/C masing-masing senilai 2,041 dan 1,041 yang lebih besar dari 1. harga (diskon) untuk masing-masing pembelian lebih dari tiga kali sebulan, pembukaan cabang usaha baru, menjaga kualitas dan karakteristik produk. Adapun W-O antara lain promosi melalui media cetak dan elektronik serta memaksimalkan web, mengikuti event-event di kota Medan dan meningkatkan keterampilan tenaga kerja. Sedangkan untuk S-T antara lain melakukan inovasi produk dan menjaga kepercayaan konsumen. Kemudian untuk W-T alternatif strategi yang dapat dilakukan berupa menambah tenaga kerja di bagian pemasaran dan terus melakukan promosi melalui pembuatan brosur dan pembuatan spanduk agar lebih banyak ditampilkan. Strategi terbaik yang dapat dilakukan oleh perusahaan berdasarkan matriks QSPM adalah mengembangkan produk dengan memanfaatkan produk yang berkualitas dan bervariasi

Keywords


Buket Bunga, Strategi Pemasaran, Analisis Ekonomi, QSPM

Full Text:

PDF

References


Hapsari, Titi Dwi. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada PT. Godong Ijo Nursery, Sawanggan Kota Depok. Jawa Barat. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Managemen. Insitut Pertanian Bogor.

Idham, A., Lestari, T. Dan Adriani, D. 2010. Analisis Finansial Sistem Usaha Tani Terpadu (Intergrated Farming System) Berbasis Ternak Sapi Dikabupaten Oganilir. Jurnal Pembanggunan Manusia 6. Http://Balitbangdasumsel.Net/Data/Download/201004141225413.Pdf.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, diterjemahkkan oleh Molan, Benyamin. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lipsey RG, Paul NC, Douglas DP, Peter OS. 1995. Pengantar Mikro Ekonomi. Jilid Satu. Wacana J, Kirbrandoko, Budijanto, Penerjemah. Ed Ke-10. Jakarta: Benarupa Aksara. Terjemahan dari: Ecomonics 10th ed.

Machin, B., Sscopes, N. 1978. Chrysanthemums Year-Round Growing. Blandford Press. London.

Masta, Hermawati, 2006. Analisis Manajemen Strategis PT. Anggrek Persada Indah Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Anggrek Dendrobium (Skripsi). Bogor: Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Maulida, Rizka. 2010. Strategi Pemasaraan Tanaman Hias Bromelia Studi Kasus: Ciapus Bromel, Kabupaten Bogor. Bogor: Fakulttas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Muhammad Rifat, Wafi. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Pada Laque Bogor. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Musri, Ajnal. 2016. Pemasaran Tanaman Hias Pada Usaha Tani Tiara Nurseri Di P4S Nusa Indah Bogor. Bogor: Jurnal Agrimart, Vol. 4.No. 1. September 2016.

Novianthi, Vita. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Pada Wid Florist Bogor (Skripsi). Bogor: Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Nugroho, A. Deni. 2012. Strategi Pemasaran Tanaman Hias, Di Dusun Bojong Desa Giyanti, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Grammedia Pustaka Utama Kompas Gramedia Building.

Soekartawi, dkk, 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Sugiono, 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharman, D.N., Astro , H.M. dan Priyatna, H. (2007). Bussiness Plan: Kajian Bisnis Agroindustri. Studi Kasus Usaha Kecil Menengah Nanas. Jakarta: LIPI Press.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar swadaya.

Umar, H. 2001. Strategic Management In Action, Konsep, Teori, Dan Teknik Menganalisis Managemen Strategi Bisnis Unit Berdasarkan Konsep Michael RR. Porter, Fred R. David, Dan Whellan Hunger. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Vinca Nursery, 2007. Mengenal Ragam dan Trend Tanaman Hias. Medan




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.