Model Pengawasan Kegiatan Pembelajaran di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan

Hasrian Rudi Setiawan

Abstract


Pengawasan kegiatan pembelajaran merupakan salah satu bentuk penjaminan mutu yang dilakukan secara internal maupun eksernal oleh suatu lembaga pendidikan. Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan harus melakukan pengawasan pada setiap kegiatan yang dilakukannya, khsusunya pengawasan pada kegiatan pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar pelaksanaan yang dilakukan sesuai dengan target yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengawasan kegiatan pembelajaran di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles and Huberman, yang dilakukan dengan menggunakan beberapa tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verfikasi dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian ini adalah: 1) pengawasan kegiatan pembelajaran di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan, dilakukan oleh pihak internal dan eksternal dalam menjaga kualitas kegiatan pembelajaran; 2) kegiatan pengawasan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan, dilakukan tidak hanya pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran saja, akan tetapi dilakukan juga pada tahap perencanaan dan evaluasi kegiatan pembelajaran; 3) model pengawasan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMP Islam Terpadu Medan menggunakan dua model pengawasan, yaitu model pengawasan langsung dan model pengawasan tidak langsung.


Keywords


Model, Pengawasan, Kegiatan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akilah, F. (2017). Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Bidang Pendidikan: Manifestasi Dan Implementasi. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 87.

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2009). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.

Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan, A. (2018). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN. JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 179.

Harfiani, R., Mavianti, & Setiawa, H. R. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 488.

Masaong. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Alfabeta.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). An Expanded Source book Qualitative Data Analysis. SAGE Publication.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (Remaja Ros).

Nurzannah, Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 9.

Rahmawati, N. R. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal Of Primary Education, 1(2), 141.

Sadun. (2016). MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH (STUDI KASUS DI YAYASAN BINA INSANI PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2014/2015). Quality, 4(2), 237.

Sagala, S. (2013). Memahami Organisasi Pendidikan. Alfabeta.

Setiawan, H. R. (2018). Media dan Sumber Belajar. Bildung.

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). UMSU Press.

Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bildung.

Siahaan, Amiruddin, Zen, W. L., & Mahidin. (2012). Administrasi Satuan Pendidikan. Perdana Publishing.

Siahaan, Amirudin, & Bayoangin, T. (2014). Manajemen Pengembangan Profesi Guru. Ciptapustaka Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitiatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Susilo, M. J. (2008). KTSP Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Pustaka Pelajar.

Syafaruddin, & Asrul. (2014). Manajemen Pengawasan Pendidikan. Cipta Pustaka Media.

Syafaruddin, & Nurmawati. (2011). Pengelolaan Pendidikan. Perdana Publishing.

Thomas, P. (2011). Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 6(1), 16.

Wijaya, C., & Rifai, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Perdana Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.