Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing

Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, Wulan Dari

Abstract


Dunia sedang dilanda pandemi COVID-19, pandemi tersebut sangat mempengaruhi aktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pandemi menuntut pemilik UMKM untuk dapat berpikir strategis dan dinamis untuk mempertahankan bisnis yang telah dibangun. Dalam penelitian ini mitra dalam program kemitraan masyarakat adalah UMKM yang bergerak di bidang kuliner di kota Medan yaitu Dapur Alfajr. UMKM ini merupakan usaha yang baru berdiri memasuki usia dua tahun, sehingga sangat perlu dikembangkan dan dipertahankan usahanya. Sehingga UMKM ini membutuhkan pelatihan tentang pentingnya menggunakan digital marketing agar sistem promosi lebih baik dan mampu meningkatkan kapasitas usaha. Langkah-langkah strategis yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas usaha para pengusaha UMKM adalah sebagai berikut: 1). Kreativitas dan inovasi produk; 2). Strategi pemasaran dan 3). Pemasaran digital. Manfaat dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan wirausahawan agar memiliki wawasan dan pengetahuan baru yang dapat meningkatkan kegiatan usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pelatihan berupa diskusi dan memberikan tutorial tentang optimasi akun media sosial dan cara mengelola media sosial. Hasil yang diperoleh dari kegiatan program kemitraan masyarakat menyarankan agar penggunaan strategi digital marketing dapat ditindaklanjuti dengan pembinaan secara berkala sehingga dapat efektif dan optimal dalam mendukung kegiatan pemasaran dan peningkatan kapasitas usaha di UMKM.

Keywords


Peningkatan Kapasitas, Digital Marketing, UMKM

Full Text:

PDF

References


Aini, H., & Hapsari, A. (2019). Interests Influence of Digital Marketing Product Sales in Exports by SMEs in Bandung. Global Business & Management Research, 11(1).

bps. (2020). Jumlah Perusahaan menurut provinsi (Unit), 2017-2019. Bps.Go.Id. https://bps.go.id/indicator/170/440/1/jumlah-perusahaan-menurut-provinsi.html

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 8186. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16612/7949

Diskopumkm. (2020). DINAS KOPERASI UKM KOTA MEDAN LUNCURKAN PROGRAM PRODUK KOPERASI DAN UMKM KOTA MEDAN GO DIGITAL. Pemkomedan. https://diskopumkm.pemkomedan.go.id/berita/site/read10/DINAS-KOPERASI-UKM-KOTA-MEDAN-LUNCURKAN-PROGRAM-PRODUK-KOPERASI-DAN-UMKM-KOTA-MEDAN-GO-DIGITAL.html

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651659.

Muslih, M., Etica, U., Rosanti, E., Hastuti, E. W., & Mubarok, W. (2020). Pengembangan Sentra Produksi Kemasan Berbasis Anyaman Bambu Melalui Pemberdayaan Karang Taruna dan PKK untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Mojorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 343362. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.222

Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial Bagi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Malang Raya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2(November), 239244. swasta.p80@gmail.com

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah (Umkm) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 117.

Ratela, G., & Taroreh, R. (2016). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Kopi Coffee Island. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 460471. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.11636

Wardhana, A. (2015). Prosiding Seminar Nasional STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA. 327337.

Wibowo, N. M., Karsam, K., Widiastuti, Y., & Siswadi, S. (2020). Penciptaan Keunggulan Bersaing Ukm Batik Melalui Penerapan Teknologi Pengering Batik Dan Digital Marketing. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 970975. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.759




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.