Penggunaan Akuntansi Dalam Menjalankan Usaha Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor

Hafsah Hafsah, Zulia Hanum

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pembukuan bagi pelaku Usaha Mikro Keecil Menengah (UMKM) dalam rangka pengembangan usaha dan peningkatan kinerja UMKM. Meningkatkan keterampil menyusun laporan keuangan sederhana dengan metode yang sederhana agar mamudahkan pemahaman bagi pelaku UMKM yang akan digunakan sebagai informasi usaha agar dapat dengan tepat dalam pengambilan keputusan usaha secara akurat. Dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini di lakukan di kelurahan Gedung Johor, kecamatan Medan Johor tentang tata cara penyusunan laporan keuangan sederhana agar mudah dipahami dan dimengerti dalam penyusunannya kelak, metode yang dilakukan dengan cara mendatangi pelaku UMKM yang menjadi sasaran dengan tetap melaksanakan protokol covid-19. Dengan pelatihan ini pengelola UMKM dapat memahami tentang pentingnya informasi usaha dan dapat menyusun laporan keuangan yang sederhana. Dengan adanya laporan keuangan yang disusun akan dapat memberikan informasi keuangan bagi pengelola UMKM, selain itu juga dapat digunakan bagi pelaku usaha sebagai salah satu persyaratan ketika ingin mengajukan pinjaman dana dari pihak lain.


Keywords


Akuntansi, UMKM, Kecamatan Medan Johor

Full Text:

PDF

References


Amani, T. 2018. Penerapan SAK-EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UM, (Studi Kasus di UD Dua Putri Solehah Probolinggo).

Anggraeni F.D., Hardjanto I & Hayat A. 2015. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha Emping Jagung di Kel. Pandanwangi Kec. Blimbing, Kota Malang), Jurnal Administrasi Publik, volume 01 nomor 06.

Akhdi Martin Pratama. 2021. Pengertian Akuntansi, Tujuan, Manfaat, dan Fungsinya. Jakarta, Kompas.com

https://www.bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/bappenas-berikan-tiga-rekomendasi-pengembangan-umkm-indonesia/

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM). www.iaiglobal.or.id

Jumingan. 2019. Anallisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawati, E. P., Nugroho, P. I., & Arifin,C. 2012. Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). JMK, 10(2), 113.

Tulus T.H. Tambunan. 2009. UMKM di Indonesia. Bogor : Ghalia Indonesia, 2009

Prasetyo, A. H. 2010. Sukses Mengelola Keuangan Usaha Mikro: Kecil Menengah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Prajanto, A., & Septriani, I. 2018. Implementasi Penerapan SAK EMKM serta Dampaknya pada Kualitas Pelaporan Keuangan UMKM, Studi Kasus Pada UMKM Se Kota Semarang. Jurnal ASSET: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak, 20(2), 18.

Undang - Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bab I Pasal 1.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.