Analisis Keputusan Menginap Konsumen Berbasis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) : Studi Pada Garuda Plaza Hotel Medan Dalam Masa Pandemi Covid-19

Dani Iskandar, Muhammad Iqbal Irham, Muhammad Arif

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Promosi terhadap keputusan menginap, pengaruh harga terhadap keputusan menginap, pengaruh bukti fisik terhadap keputusan menginap pada konsumen Garuda Plaza Hotel Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen dalam periode Juni Desember 2020 yang berjumlah 17.754 orang sedangkan sampel yang ditetapkan berjumlah 100 orang dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Secara parsial promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menginap dengan nilai Sig. sebesar 0.00 < 0.005 dan nilai thitung > t table sebesar 4.450 > 1.984 Secara parsial harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menginap dengan nilai Sig. sebesar 0.00 < 0.005 dan nilai thitung > t table sebesar 4.066 > 1.984. Secara parsial bukti fisik memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan menginap dengan nilai Sig. sebesar 0.151 > 0.005 dan nilai thitung > t table sebesar 1.449 < 1.984. Secara simultan promosi, harga dan bukti fisik memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menginap konsumen Garuda Plaza Hotel Medan dengan nilai Sig. sebesar 0.00 < 0.005 dan nilai fhitung > f table sebesar 19.432 > 2.70.

Keywords


Promosi, Harga, Bukti Fisik, dan Keputusan Menginap.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., & Tantri, F. (2010). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Aditi, B., & Hermansyur, H. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 6472. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1743

Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Amanah, D., & Layla, A. A. (2019). Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop TOKOPEDIA.COM di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Medan. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 125138. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3478

Andreani, F., & Devina, F. (2016). Bandung, Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Susan Spa and Resort. Jurnal Teknik Elektro, 6(1), 426436.

Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Christiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Perdana Publishing.

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 1219.

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran (Edisi II). Rajawali Press.

Astuty, W. (2018). Bauran Penjualan Eceran dan Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli di Pasar Swalayan di Medan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 116.

Babin. (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran. Salemba Empat.

Bancin, A. (2016). Analisis Bauran Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Genset Pada PT. Sejahtera Lestari Abadi Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 4156.

Budiwati, N. (2011). Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Lab. Pendidikan Ekonomi dan Koperasi UPI.

Daulay, R., & Saputra, R. (2020). Analysis Of Customer Relationship Management And Marketing Strategies Against Competitive Advantage On The Companys Distributor In Medan City. https://doi.org/10.4108/eai.8-10-2018.2288694

Desfrida, M., & Nurlinda, N. (2020). Analisis Penerapan 7 P pada Usaha MuA (Sebuah Kajian Analisis). Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1), 2139. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4531

Dimyati, H. (2014). Model Kepemimpinan & System Pengambilan Keputusan. Pustaka Setia.

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi. Diponegoro Journal Of Social and Politic, 5(4), 111.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Geonadhi, L. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Dan Akutansi, 12(2), 2435.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 6172. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen,. Alfabeta.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2013). Metode Penelitian Bisnis. UMSU PRESS.

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Kusmayadi, T. (2012). Sistem Penyampaian Jasa Sebagai Salah Satu Faktor Pembentuk Citra Perusahaan atau Organisasi. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 4(1), 1725.

Laksana, F. (2017). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis (1st ed.). Graha Ilmu.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 111. https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.949

Mursid. (2014). Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara.

Nainggolan, N. P., & Heryenzus, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 4154. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1772

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194199.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 17. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/5/052052

Nirwana. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Penerbit Dioma.

Oentoro, D. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Laksban Pressindo.

Olson, J. C., & Peter J, P. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi Semb). Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Gramedia Pustaka Utama.

Ratri, L. E. (2011). Strategi Memenangkan Persaingan Pasar. Salemba Empat.

Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2013). Perilaku Konsumen. Andi Offset.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 108122.

Sara, F. M., Ningsih, C., & Andari, R. (2016). Pengaruh Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Cafe Infinito Culinery Bandung. Jurnal Gastronomi Pariwisata Volume 3 Nomor 2, 3(2), 618.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen (edisi ke10). Jakarta: Indeks.

Simamora, H. (2012). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharno. (2010). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. UNY Press.

Sulastiyono, A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Alfabeta.

Supriyanto, M., & Taali, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap di The Sun Hotel Madiun. Jurnal Epicheirisi, 2(1), 1321.

Suryadi, E., & Hutomo, D. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kartu Prabayar IM3 di Kota Pontianak. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 2333.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Andi.

Wibowo, S. F., & Karimah, M. P. (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei pada pengunjung mega bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1).

Zeithaml, V. ., Bitner, M. ., & Gremler, D. . (2013). Services Marketing : Integrating Costumer Focus Across the Firm. Mc Graw Hill.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.