Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Dimoderasi Literasi Keuangan

Mukmin Pohan, Jufrizen Jufrizen, Ayla Annisa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumen mahasiswa, menganalisis pengaruh peer group terhadap perilaku konsumen, menganalisis pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumen, menganalisis peran literasi keuangan dalam moderasi Pengaruh self- konsep perilaku konsumen, menganalisis peran pendidikan keuangan dalam memoderasi pengaruh analisis pengaruh peer group terhadap perilaku konsumen, menganalisis peran pendidikan keuangan terhadap pengaruh moderasi gaya hidup terhadap perilaku konsumen manajemen untuk menganalisis siswa dari Fokus Finansial 2017 Kurikulum, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik yaitu Partial Least Squares - Structural Research Model (PLSSEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumen. Tidak ada pengaruh parsial peer group terhadap perilaku konsumen. Ada pengaruh parsial gaya hidup terhadap perilaku konsumen. Edukasi keuangan tidak berperan dalam memoderasi pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumen. Edukasi keuangan tidak berperan dalam melemahkan pengaruh peer group terhadap perilaku konsumen. Edukasi keuangan tidak berperan dalam melemahkan pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumen. Ada pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.


Keywords


Literasi Keuangan, Konsep Diri, KelompokTeman Sebaya, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Ardyanti, N., & Kardoyo, K. (2018). Determinants of Consumption Behavior Among Students. Dinamika pendidikan, 13(1), 3041. https://doi.org/10.15294/dp.v13i1.15112

Astuti, R. P. F. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 110. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.36

Budanti, H. S., Indriayu, M., & Sabandi, M. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 3(2), 114. https://doi.org/10.20961/bise.v3i2.16446

Case, K. E., & Fair, R. C. (2007). Prinsip-Prinsip Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach To Structural Equation Modeling. Modern methods for business research, 295(2), 295336.

Dewi, N., Rusdarti, & Sunarto, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 2935. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

Dikria, O., & Mintarti, S. U. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 143155.

Ermawati, E., & E.P, I. (2011). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMP N 1 Piyungan. Jurnal Spirits, 2(1), 112.

Fitriarianti, B. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi. Proseding Seminar Nasional Akuntansi, 1(1), 115.

Fudyartanta, K. (2012). Psikologi Perkembangan (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS) Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(1), 5065.

Gunawan, A., Pulungan, D. R., & Koto, M. (2018). Peran Literasi Keuangan Pada Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Persiapan Masa Pensiun Secara Mandiri (Studi Kasus Pada Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UMSU).

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2016). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2 ed.). California: Sage Publications.

Hawkins, D., & David L, M. (2015). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 11th Ed. McGraw-Hill.

Hidajat, T. (2016). Literasi Keuangan. STIE Bank BPD Jateng.

Hidayat, A. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Non Reguler Universitas Islam Riau. An-Nafs, 10(1), 4049.

Hidayatun, U. (2015). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Dukungan dengan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 10 tahun 2015, 4(10), 115.

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti & Soejarwo). Jakarta: Erlangga.

Imawati, I., Susilaningsih, & Ivada, E. (2013). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 4858.

Indrayani, K., & Luh, Y. (2016). The Effect of Socio-Economy Status of Family and Peer Group on the Consumptive Behavior for the Sixth Grade Students of SD Lab Undiksha Singaraja. Journal of Economics and Sustainable Development, 7(24), 6670.

Jalaluddin, R. (1996). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan SmartPLS. Batam: Universitas Batam.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014a). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Medan: UMSU Press.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014b). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kanserina, D. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015. 5(1), 17. https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5213

Krishna, A., Rofaida, R., & Sari, M. (2010). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Survey Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education, 8(10), 552560.

Kusumaningtyas, I. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 18. https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%25p

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 16. https://doi.org/10.29210/3003210000

Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2(4), 514.

Mangkunegara, A. P. (2005). Perilaku Konsumen Edisi Revisi Cetakan Keempat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1), 7685. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85

Mitchell, O. S., Lusardi, A., & Curto, V. (2009). Financial Literacy Among The Young: Evidence and Implications For Consumer Policy. Pension Research Council WP, 9, 133.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen, edisi Kelima, Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murisal, M. (2012). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Puteri. Kafaah: Journal of Gender Studies, 2(2), 198218. https://doi.org/10.15548/jk.v2i2.58

Murwanti, D. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Teman Sebaya Dan Budaya Kontemporer Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMP Negeri 41 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 3851. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p38-51

Nidar, S. R., & Bestari, S. (2012). Personal Financial Literacy Among University Students (Case Study at Padjadjaran University Students, Bandung, Indonesia). World Journal of Social Sciences, 2(4), 162171.

Nurachma, Y. A., & Arief, S. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya Dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 489500.

Parma, S. A. (2007). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Remaja Putri Dalam Pembelian Kosmetik Melalui Katalog Di SMA Negeri 1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan X. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(1), 1017.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 103110.

Purwanto, N. (2017). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Rahayu, R., & Alimudin, A. (2015). Pengaruh Pendidikan, Lingkungan Keluarga, Pergaulan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penyimpangan Kerja dan Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen Magistra, 1(1), 115.

Risnawati, R., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, Dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 430436. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10732

Setiadi, N. (2013). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sevck, K. (2014). PISA 2012 Results: Students and Money: Financial Literacy Skills For The 21st Century Volume VI. In Pedagogick orientace (Vol. 25, Nomor 4). Pedagogicka Orientace Journal. https://doi.org/10.1787/9789264208094-en

Slamet, S. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Smith, A. (1776). An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. In The Glasgow edition of the works and correspondence of Adam Smith (Vol. 2). London: Methuen & Co., Ltd.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02), 145152. https://doi.org/10.30996/persona.v4i02.556

Suparno, A. S. (2000). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suparti, S. (2016). Mitigating Consumptive Behavior: The Analysis of Learning Experiences of Housewives. International Education Studies, 9(3), 114122. https://doi.org/0.5539/ies.v9n3p114

Susanto, A. S. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Jurnal Jibeka, 7(2), 16.

Sutriati, Kartikowati, S., & Riadi, R. M. (2018). Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. Jom Fkip, 5, 110.

Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi : Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Jakarta: Prenada Media.

Wahidah, N., Asriati, N., & Achmadi, A. (2018). Pengaruh Rasionalitas Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 112.

Widyawati, I. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 1(1), 8999. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527

Wijayanti, A., & Astiti, D. P. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Remaja di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 4149.

Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). Structural Equation Modeling: Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner Dengan LISREL-PLS. Jakarta: Salemba Infotek.

Yudha, R. I., Idris, & Evanita, S. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMK Bidang Manajemen Bisnis Jurusan Pemasaran Di Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(2), 101114. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v5i2.57

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosakarya.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.