Model Pengujian Faktor Determinan Price To Book Value Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei

Maya Sari, Jufrizen Jufrizen, Siti Jumiah Sinaga

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) terhadap nilai buku perusahaan pada sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. fokus. Pendekatan asosiatif merupakan pendekatan untuk menganalisis masalah hubungan atau pengaruh antara suatu variabel dengan variabel lainnya (Juliandi, Irfan dan Manurung, 2015). Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui hubungan atau pengaruh current ratio (CR), total asset turnover (TATO), dan debt-equity ratio (DER) dengan harga dan nilai buku. Dari hasil investigasi terhadap 7 (tujuh) perusahaan sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019, dapat disimpulkan bahwa koefisien arus tidak berpengaruh signifikan terhadap price-book rasio nilai. nilai (PBV) Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan pada 7 (tujuh) perusahaan di sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019, dapat disimpulkan bahwa total perputaran aset tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai buku (PBV) yang dilakukan pada 7 (tujuh) emiten sektor Makanan dan Minuman Indonesia periode 2015-2019, maka dapat disimpulkan bahwa Debt to equity tidak berpengaruh signifikan terhadap rasio harga-harga. nilai buku (PBV) periode 2015-2019 dapat disimpulkan bahwa rasio lancar, total kekayaan, tingkat bunga dan rasio utang-ekuitas secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap nilai buku harga (PBV).


Keywords


Total Assets Turnover, Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio, Price To Book Value

Full Text:

PDF

References


Alpi, M. F. (2018). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Inventory Turn Over, dan Current Ratio terhadap Return on Equity pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. The National Conference on Management and Business (NCMAB).

Andini, D. A., & Andarini, S. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Indonesia, 8(1), 56.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2017). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Christiana, I., & Putri, L. P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Price To Book Value Ratio. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (Edisi 7.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Gultom, D. K., Manurung, M., & Sipahutar, R. P. (2020). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover terhadap Price to Book Values pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 4(1), 114.

Gunawan, A. (2014). Pengaruh Current Ratio dan Total Assets Turnover terhadap Price to Book Values pada Perusahaan Plastik dan Kemasan. Jurnal Riset Akuntansi Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 3941.

Hanafi, M. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hani, S. (2015). Teknik Analisis Laporan Keuangan. Medan: Media Ilmu.

Hani, S. (2017). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: In Media.

Harjito, A., & Martono. (2008). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Hery, H. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT. Grasindo.

Jufrizen, J., Putri, A. M., Sari, M., Radiman, R., & Muslih, M. (2019). Pengaruh Debt Ratio , Long Term Debt to Equity Ratio dan Kepemilikan Institusional Terhadap Price to Book Value pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(1), 718.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2014). Metode Penelitian Bisnis : Konsep & Aplikasi. Medan: UMSU PRESS.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.

Jumingan. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir, K. (2009). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Margono. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Martani, & Wardhani. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Jurnal Siasat Bisnis, 2(1), 110.

Munawir, S. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Putri, L. P. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2), 112.

Radiman, R. (2019). Pengaruh Debt Ratio, Long Term Debt to Equity Ratio dan Kepemilikan Institusional terhadap Price to Book Value pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(1), 718.

Radiman, Radiman. (2018). Pengaruh Debt To Equity Ratio Dan Total Asset Turnover Terhadap Price To Book Value Dengan Price to Book Value Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Finansial Bisnis, 2(3), 99110.

Riyanto. (2016). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sari, M., & Jufrizen, J. (2019). Pengaruh Price Earning Ratio dan Price to Book Value terhadap Price Book Value. Jurnal KRISNA : Kumpulan Riset Akuntansi, 10(2), 196203.

Sawir, A. (2015). Analisis Kinerja Keuangan dan perencanaan keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Setianto, B. (2016). Prospek Investasi saham. Jakarta: BSK Capital.

Sihombing, G. (2015). Kaya Dan Pintar Jadi Trader & Investor Saham. (J. Felicianus & Mardiyanto, Eds.) (1st ed.). Yogyakarta: Indonesia cerdas.

Suganda, I. M. (2018). Manajemen Keuangan Teori Dan Praktik (1st ed.). Surabaya: Airlangga University Press.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2018). Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Wardiah, M. L. (2017). Dasar-dasar Perbankan. Bandung: Pustaka Setia.

Wartono, T. (2018). Pengaruh Current Ratio (CR) Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Price to Book Value (PBV) (Studi pada PT Astra International, Tbk). Jurnal KREATIF : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, 6(2), 7897.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.