Analisis Determinan Yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei)

Lufriansyah Lufriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Current Ratio, Return On Equity, dan Debt To Equity Ratio, berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan dan sampel yang memenuhi kriteria (proposive sampling) sebanyak 7 perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang dipublikasikan oleh perusahaan situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis linier berganda, pengujian hipotesis dan koifisiensi determinasi. Pengelolahan data menggunakan SPSS (Statistical Package For The Social Sciences) versi 21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan secara Parsial Current Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Secara parsial Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Secara parsial Debt To Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan tehadap Harga Saham. Secara simultan Current Ratio, Return On Equity, Dan Debt To Equity Ratio bepengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham Perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Keywords


Current Ratio, Return On Equity, Debt To Equity Ratio, dan Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Alwi, I. (2013). Pasar Modal: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Nasindo Internusa.

Arista, F., & Musadad, A. (2020). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio dan Return On Equity Terhadap Harga Saham (Studi Pada PT. Lippo Cikarang, Tbk Periode 2014-2019). Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 57.

Batubara, H. C., & Purnama, N. I. (2018). Pengaruh current ratio, return on equity terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Finansial Bisnis, 2(2), 6170.

Brigham, & Houston. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, T., & Fahruddin, H. (2013). Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Deitiana, T. (2013). Pengaruh Current Ratio , Return on Equity Dan Total Asset Turn Over Terhadap Devidend Payout Ratio Dan Implikasi Pada Harga Saham Perusahaan LQ 45. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(1), 8288.

Fahmi, I. (n.d.). Analisis Laporan Keuangan. Lampulo: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program (VII.). Semarang: badan penerbit universitas diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat (7th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hani, S. (2014). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: In Media.

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Horne, J. C. Van, & Wachowicz, J. M. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (Tiga Belas.). Jakarta: Salemba Empat.

Jogiyanto. (2016). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jogjakarta: BPFE.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis (2nd ed.). Medan: UMSU Press.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, D. (2011). Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi (Ketiga.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kundiman, A., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return on Asset, Return on Equity Terhadap Harga Saham Pada Indeks Lq 45 Di Bei Periode 2010-2014. Among Makarti, 9(2), 8098.

Mardiyanto, H. (2010). Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta: PT GRASINDO.

Muhammad. (2015). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Jogjakarta: YPKN.

Munawir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jogjakarta: Liberty.

Muslih, M., & Bachri, Y. M. (2020). Pengaruh Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Humaniora, 4(1), 3445.

Nugroho, H. (2013). Pasar Modal : Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Rahmadewi, P. W. (2018). Pengaruh EPS , PER , CR , Dan ROE Terhadap Harga Saham Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia. Manajem, 7(4), 21062133.

Rambe, M. F., Gunawan, A., Julita, J., & Parlindungan, R. (2015). Manajemen Keuangan. Bandung: Cita Pustaka Media.

Sanjaya, S., Yuliastanty, S., & Sanjaya, K. S. (2018). Pengaruh Earning Per Share (Eps), Debt To Equity Ratio (Der) Dan Return on Equity (Roe) Terhadap Harga Saham Earning Effect Per Share (Eps), Debt To Equity Ratio (Der) and Return on Equity (Roe) on Stock Price . UNES Journal of Social and Economics Research, 3(1), 113. Retrieved from https://www.sahamok.com/perusahaan-publik-

Sari, M., Jufrizen, J., & Al-Attas, H. M. (2019). Pengaruh Return on Equity Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-. Seminar Nasional & Call For Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS-2019), 6375.

Sartono, A. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: BPFE.

Sudana. (2015). anajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktek. Jakarta: Airlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017a). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017b). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukayasih, A., Mahfudnurnajamuddin, & Ramlawati. (2019). Pengaruh Current Ratio, Return On Asset, dan Debt To Equity Ratio terhadap Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar di BEI Sektor Properti dan Real Estate. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(3), 8188.

Syahyunan. (2015). Manajemen Keuangan. Medan: USU Press.

Wahyuni, S. F., & Hafiz, M. S. (2018). Pengaruh CR, DER dan ROA terhadap DPR pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(2), 2542.

Yusnandar, W. (2019). Pengaruh Current Ratio, Return On Asset, Asset Structure Dan Total Asset Turnover Terhadap Debt To Equity Ratio Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(1), 7180.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.