Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Pemberian Opini Auditor

M. Firza Alpi

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain. Populasi pada penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sensus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan kuisioner kepada responden penelitian. teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) secara parsial Skeptisme Profesional Auditor tidak berpengaruh terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor. (2) secara parsial Independensi berpengaruh terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor. (3) secara parsial Etika Profesi berpengaruh terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor. (4) secara simultan Skeptisme Profesional Auditor, Independensi dan Etika Profesi berpengaruh terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor.


Keywords


Skeptisme Profesional Auditor, Independensi, Etika Profesi, Ketepatan Pemberian Opini Auditor

Full Text:

PDF

References


Agoes Sukrisno (2012). Auditing (edisi IV). Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Adrian, Arfin (2013). Pengaruh Skeptisme Profesional Auditor, Etika, Pengalaman, dan Keahlian Audit Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Oleh Auditor (Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan Provinsi Riau). Stata Satu (S1) Universitas Negeri Padang.

Alfi Nugraheni, Fadilla (2016). Pengaruh Etika Profesi, Pengalaman Kerja, Independensi dan Keahlian Audit Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bisnis Tempo (2017). Ernest Young Indonesia Didenda di Amerika Serikat, Ini Tanggapan Indosat. https://bisnis.tempo.co/read/845617/ernst-young-indonesia-didenda-di-as-ini-tanggapan-indosat. Diakses 12 Desember 2018.

Bisnis Tempo (2017), Mitra Ernest and Young Indonesia Didenda Rp 13 Miliar di Amerika Serikat. https://bisnis.tempo.co/read/845604/mitra-ernst-young-indonesia-didenda-rp-13-miliar-di-as. Diakses 12 Desember 2018.

CNBC News. Kasus SNP Finance, OJK Harap Ada Efek Jera ke Akuntan Publik https://www.cnbcindonesia.com/news/20181004144351-4-36069/kasus-snp-finance-ojk-harap-ada-efek-jera-ke-akuntan-publik . Diakses 14 Desember 2018.

Detik Finance (2018). Bank Bukopin Permak Laporan Keuangan, Ini Kata Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. https://finance.detik.com/moneter/d-3994551/bank-bukopin-permak-laporan-keuangan-ini-kata-bi-dan-ojk. Diakses 09 Januari 2019.

Dewi, Lisnawati (2015). Pengaruh Skeptisme Profesional Auditor, Independensi, Keahlian, Etika Profesi, Pengalaman dan Situasi Audit Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Sumatera Selatan.

J. Elder , Beasley et al (2011). Jasa Audit dan Assurance (Buku 1). Jakarta : Salemba Empat.

Juliandi Azuar, Irfan dan Manurung Saprinal (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan : UMSU Press

Kautsarrahmelia, Tania (2013). Pengaruh Independensi, Keahlian, Pengetahuan Akuntansi dan Auditing serta Skeptisme Profesional Auditor terhadap Ketepatan Pemberian Opini Audit Oleh Akuntan Publik. Strata Satu (S1), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Metro TV News. OJK Beri Catatan Hitam KAP Entitas Deloitte Indonesia http://m.metrotvnews.com/welcome-page/mikro/dN6EW4QK-ojk-beri catatan -hitam-kap-entitas-deloitte-indonesia . Diakses 11 Januarin 2019.

Purnomo Wiyanto, Grisia (2016). Pengaruh Pengalaman, Keahlian, Independensi, Etika dan Skeptisme Profesional Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Audit (Studi Empris pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah), Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Simanjuntak, Samuel (2018). Pengaruh Skeptisme Profesional, Etika, Pengalaman dan Keahlian Audit Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor ( KAP Johan Malonda Mustika dan rekan di Medan). Strata Satu (S1), Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sugiono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Triyanto, Agus (2014). Hubungan Skeptisme Profesional Auditor, Situasi Audit, Independensi, Etika, Keahlian dan Pengalaman dengan Keputusan Pemberian Opini Audit oleh Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta), Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.