Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan Dan Promosi Pada 212 Mart Di Kota Medan

Asrizal Efendy Nasution, Linzzy Pratami Putri

Abstract


Perkembangan minimarket swalayan waralaba di Indonesia semakin hari semakin meningkat baik dari segi jumlah maupun jenisnya seiring dengan keinginan pasar. Minimarket swalayan waralaba ini harus mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pelanggannya sesuai dengan keinginan konsumen saat ini agar tetap dapat memberikan pelayanan terbaik dari segala sisi dalam upaya meningkatkan loyalitas untuk kelangsungan hidup perusahaan dimasa mendatang. Pada tahun 2017 kesadaran masyarakat islam mulai bangkit untuk membangun ekonomi syariah, maka berdirilah 212 Mart minimarket swalayan yang berbasis syariah dengan tujuan untuk membantu ekonomi umat islam yang selama ini terpuruk sebagai penganut agama terbesar di Indonesia. Kehadiran 212 Mart ini disambut baik dengan banyaknya konsumen yang beralih dari minimarket swalayan konvensional kepada 212 Mart dalam hal berbelanja, namun hal ini tidak diikuti dengan pembelian ulang dalam jangka waktu yang panjang sehingga loyalitas pelanggan masih dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan di 212 Mart Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang berbelanja di 212 Mart di Kota Medan dan sampel diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode random sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan melakukan uji parsial dan uji simultan terhadap hipotesis yang ada serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas pelayanan dan faktor promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan 212 Mart Medan baik secara parsial maupun simultan. Dengan terus memperbaiki kualitas pelayanan dan melakukan promosi yang tepat secara berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan 212 Mart Medan.


Full Text:

PDF

References


Alfiyandi, & Syarfan, L. O. (2016). Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Produk Multilinked Syariah Pada Asuransi Panin Dai-Ichi, 2(1), 5465.

Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. In Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi (Vol. 6681, pp. 433440). Bandung: STIE-STEMBI Bandung.

Arianty, N., & Jasin, H., Nasution, Christiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.

Ayuni, D. M., & Prasetyawati, Y. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Guardian Health & Beauty Retail. Jurnal Manajemen & Bisnis Madani, 2(1), 1834.

Azhar, M. E., & Jufrizen. (2017). The Analysis of The Tourist Loyalty Determinant In the Area of Toba Lake. International Journal of Recent Scientific Research, 8(10), 2082620832.

Dewi, N. K., Andri, G., & Yonaldi, S. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotiondi Kota Padang (Studi Kasus Di Pt. Unilever Cabang Padang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 1129.

Dharmmesta, Swastha, B., & Handoko, Hani, T. (2012). Manajemen Pemasaran (Pertama Ce). Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. (Kasmir, Ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 6182.

Irawan, H. (2015). Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan (Ketiga). Jakarta: Gramedia.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kartasasmita, R., & Madiawati, P. N. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pengguna Oppo Smartphone. E-Proceeding of Management, 5(1), 932.

Keller, P. K. and K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia (12th ed.). PT Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2011). Principle of Marketing (Eleventh). Principle of Marketing. New Jersey, United States: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey, United States: Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Mandong, I. S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Bni (Persero) Tbk Kantor Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 32103219.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). In Journal of Physics: Conference Series (pp. 17).

Nasution, S. M. A. (2017). The Effect of Price and Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty Customer Waroeng Steak and Shake Medan. In Proceedings of The 7th Annual International Conference (AIC) Syiah Kuala University and The 6th International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR) in conjunction with the International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELT (pp. 342347). Banda Aceh.

Octaviani, J., & Setyanto, Y. (2019). Kegiatan Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Loyalitas Konsumen Di Cv. Cipta Wahana Kreasi. Prologia, 3(1), 154161.

Peeters, J. B. and K. de R. and P. (2008). Investigating Drivers of Bank Loyalty : The Complex Relationship Between Image, Service Quality and satisfaction. International Journal of Bank Marketing, 17(7).

Saputro, H. D. (2013). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Pada Toko Bangunan Indah Kiat Gemilang Di Kudus (Vol. 1).

Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communication. Ohio, United States: South-Western Cengage Learning.

Stanton, W. J. (2006). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Tahuman, Z. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan, 4(3), 445460.

Tjiptono, F. (2011). Loyalitas Konsumen. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Keempat). Yogyakarta: Andi Publisher.

Wibloog.com. (2018). Daftar alamat minimarket 212 Mart di Kota Medan. Retrieved from https://www.wibloog.com/detail/150/222/11/Daftar-Alamat-Minimarket-212-MART-di-Kota-Medan

Yonaldi, S. (2011). Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh Botol Frestea (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Andalas Padang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), ISSN: 2086 5031.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.