Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Teh Di Desa Manik Maraja

Munawir Pasaribu, Putri Maulia

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini hadir untuk memberikan masukan dan saran yang diberikan kepada UMKM di desa Manik Maraja yang secara khusus permasalahan yang menjadi fokus dari pengabdian ini adalah : 1. Kurangnya pemasaran oleh para pelaku usaha Teh Juma, sehingga terdapat masih banyak masyarakat di luar daerah yang kurang mengetahui keberadaan produk tersebut. 2. Masih banyak pelaku UMKM yang melakukan pemasaran tradisional (offline) tanpa menyertakan pemasaran digital (online). 3. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang digital marketing (online), karena belum mengetahui dan memanfaatkannya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan menggunakan metode penjelasan, sharing, tanya jawab, diskusi dan praktek. Sehingga tujuan yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pelaku UMKM mengenai pentingnya digital marketing bagi usahanya, membantu masyarakat dalam memasarkan produknya melalui digital marketing khususnya di media sosial, dan memperkenalkan produk teh juma superpeko sebagai merupakan ciri khas produk Sidamanik.


Keywords


pemasaran digital, media sosial, UMKM

Full Text:

PDF

References


Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi Di Masa Pandemi. Journal Of Research On Business And Tourism, 1(1). Https://Doi.Org/10.37535/104001120213

Alshaketheep, K. M. K. I., Salah, A. A., Alomari, K. M., Khaled, A. S. D., & Jray, A. A. A. (2020). Digital Marketing During Covid 19: Consumers Perspective. Wseas Transactions On Business And Economics, 17. Https://Doi.Org/10.37394/23207.2020.17.81

Arnott, D. C., & Bridgewater, S. (2002). Internet, Interaction And Implications For Marketing. Marketing Intelligence & Planning, 20(2). Https://Doi.Org/10.1108/02634500210418509

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2).

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019). Implementasi Business Model Canvas Pada Cv . Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran Paud). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaanv, 1(1).

Hayati, I. (2020). Penguatan Manajemen Keuangan Syariah Bagi Umkm Dengan Menggunakan Metode Door To Door Di Desa Kotasan. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 180191. Https://Doi.Org/10.32505/Ihtiyath.V3i2.1783

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1). Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V9i1.209

Hendriadi, A. A., Sari, B. Nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120125. Https://Doi.Org/10.25047/J-Dinamika.V4i2.1133

Herhausen, D., Mio?evi?, D., Morgan, R. E., & Kleijnen, M. H. P. (2020). The Digital Marketing Capabilities Gap. Industrial Marketing Management, 90. Https://Doi.Org/10.1016/J.Indmarman.2020.07.022

Holidah, S., & Pasaribu, M. (2021). Halal Tourism On Mandailing Natal Is Hampered Due To The Covid-19 Pandemic. Proceeding International Seminar Of , 2.

Langan, R., Cowley, S., & Nguyen, C. (2019). The State Of Digital Marketing In Academia: An Examination Of Marketing Curriculums Response To Digital Disruption. Journal Of Marketing Education, 41(1). Https://Doi.Org/10.1177/0273475318823849

Pol, A. S., Vynogradova, O., & Drokina, N. (2020). The Structure Of An Integrated Internet Marketing Complex , Based On The Marketing-Mix Concept. 19(3), 117126. Https://Doi.Org/10.22630/Aspe.2020.19.3.34

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101112. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.12.2.101-112

Purwana Es, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 117.

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2). Https://Doi.Org/10.52103/Tatakelola.V7i2.144

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 9296. Https://Doi.Org/10.21107/Pangabdhi.V6i2.7809

Saura, J. R. (2021). Journal Of Innovation Performance Metrics. Suma De Negocios, 6(2), 92102. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jik.2020.08.001

Setiawati, I., & Novandalinda, A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran. 13(1), 112.

Soedarsono, D. K., Mohamad, B., Adamu, A. A., & Pradita, K. A. (N.D.). Managing Digital Marketing Communication Of Coffee Shop Using Instagram. 108118.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.