Digitalisasi Umkm Di Masa Pandemi

Eri Yanti Nasution, Tika Indria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persentase digitalisasi UMKM dan dampaknya terhadap keuangan di masa pandemi. Pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling dengan menyebar kuisioner kepada pelaku UMKM sebanyak 102 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan anisis deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil anisis yang dilakukan menjelaskan bahwa pelaku UMKM sebesar 42% sudah menjual produk secara online dan 70% dari responden sudah memakai sistem keuangan digital dalam pembayaran. Sebagian besar pelaku UMKM yang sudah melakukan proses digitalisasi dalam pemasaran adalah generasi muda dengan persentase 55%.


Keywords


UMKM, Digitalisasi Pasar

Full Text:

PDF

References


Ade Resalawati, Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor UKM Indonesia, (Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011), Hal. 31.

Bahtiar R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm.Info Singkat, 7(6), 19-24.

Hamzah, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 8 (2), 215-228.

Handini, V.A & Choriyati, Wahyuni. (2020). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi , 11 (2), 150-167.

Hanoatubun, Silpa. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal Of Education Psychology And Counselling, 2(1), 146-153.

Hari Wibawanto. (2016). Generasi Z Dan Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi. Simposium Nasional: Mengenal Dan Memahami Generasi Z. Haruskah Pendidikan Tinggi Berubah?,Insitut Teknologi Bandung. Hal.112.

Hidayaturrahman, M., & Purwanto, E. (2020). COVID-19: Public Support Against The Government's Efforts To Handle And Economic Challenges. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(2), 31-35.

Jony, W. (2010). Internet Marketing For Beginners. In Belanja Elektronik.

Kotler. (2012). Marketing Management. In Marketing Management.

Nicolaa M., Et.Al.(2020) The Socio-Economic Implications Of The Coronavirus Pandemic (COVID-19): A Review. International Journal Of Surgery, 78, 185-193.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Taufik, & Ayuningtyas, E.A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22 (1), 21-32.

Tambunan, T,TH. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor : Ghalia Indonesia

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. (2012). Electronic Commerce: A Managerial And Social Networks Perspective 2012. In Commerce A Managerial Perspective (5th Ed.

Undang-Undang Nomor Tahun 2008 Tentang UMKM, Bab IV Pasal 6.

Wijoyo H, Widiyanti. (2020). Digitalisasi Umkm Pasca Pandemi Covid-19 Di Riau. Sinagara 2020, Konferensi Nacional Administrasi Negara.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.