Pemanfaatan Aplikasi Online dalam Digitalisasi Pasar Tradisional di Medan

Fanny Ramadhani, Indah Purnama Sari, Al - Khowarizmi

Abstract


Sejak merebaknya pandemi Covid-19, semua negara dihadapkan pada situasi sulit di segala aspek kehidupan. Terutama dari segi ekonomi. Banyak sekali karyawan yang kehilangan pekerjaan karena kebijakan perusahaan untuk efisiensi jumlah karyawan. Khususnya di bidang ekonomi, dampak pandemi sangat beragam, mulai dari permintaan konsumen yang tinggi hingga penutupan besar-besaran bisnis skala menengah dan kecil di seluruh dunia. Sehingga untuk membantu para pedagang pasar tradisional dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19, peran pemerintah dan akademisi sangat diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan para pedagang pasar tradisional dalam memanfaatkan digital marketing sebagai tindak lanjut dalam mengatasi dampak yang dirasakan oleh para pedagang sejak pandemi COVID-19. Sehingga pada akhirnya pasar tradisional akan mulai menjajaki pasar untuk memasarkan, mempromosikan dan menjual produknya. Penjualan akan dilakukan secara offline yaitu di pasar tradisional dan online dengan memanfaatkan teknologi berbasis web. Aplikasi online yang akan penulis rancang dalam penelitian ini menggunakan konsep pasar tradisional yang didigitalisasi menggunakan e-commerce. Menggunakan kombinasi metode partisipatif dan waterfall


Keywords


Pasar Tradisional, Digitalisasi, E-Commerce

Full Text:

PDF

References


Aminul, M. 2020. Perilaku produksi di tengah krisis global akibat pandemi COVID-19 dan memanfaatkan media online facebook sebagai alternatif pasar. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Dewi, L.M. 2008. E-Commerce: Pasar Maya Di Dunia Nyata. Bina Ekonomi Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Unpar, 12(1)

Fadli, M. 2014.Optimalisasi Kebijakan Ketenagakerjaan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Jurnal Rechtsvinding, 3(2): 281-296

Harahap, D.A. 2020. COVID-19 dan transformasi saluran pembelian online. Infobrand. Morganosky, M.A. and Cude, B.J. (2000). Consumer response to online grocery shopping. International Journal of Retail and Distribution Management, 28 (1): 17-26.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2013). E-Commerce 2014: Business, Technology, Society. Tenth Edition. Prentice-Hall, Inc.

Li, H., & Hong, J. (2013). Factors Influencing Consumers Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda. iBusiness. 5(4). Page.161-166

Li, Y., & Yang, R. (2014). New Business Model for Company to Win the Competition. American Journal of Industrial and Business Management. Vol 4. Page. 190-198.

Lee, In. (2014). Trend in E-Business, E-Services, E-Commerce: Impact of Technology on Goods, Services, and Business Transactions. IGI Global.

Nurlela . 2021. E-Commerce, Solusi di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Simki Economic 4(1) : 47-56

Rohma, A. 2020. Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian,1(7):1373- 1378.

Widodo, H. 2015. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Cendekia, 13(2): 293-307

Xiaohui, G., Rong, G., & JianYu, W. Chongning, Huo. (2014). Key Technology of Distributed E-Commerce System Architecture. TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering. Vol.12. No.5. May 2014. Page. 3987- 3993.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.