Perancangan Media Video Percakapan Interaktif Dalam Pembelajaran Speaking Bagi Guru Bahasa Inggris di SMP Rahmat Islamiyah, Medan

Fatimah Sari Siregar, Erlindawaty Erlindawaty, Yayuk Hayulina Manurung, Linzzy Pratami Putri

Abstract


Penyajian materi pelajaran selama ini lebih banyak terfokus pada pendekatan struktur (structural approach) yakni berkutat pada teori dan tata bahasa, akibatnya banyak siswa yang bagus dalam pemahaman teori sehingga mendapatkan nilai yang baik dalam evaluasi tertulis tetapi tidak memiliki kecakapan komunikasi (speaking) yang baik. Pemilihan model video interaktif percakapan bahasa Inggris ini menjadi model dalam membantu guru bahasa Inggris SMP Rahmat Islamiyah, Medan untuk memiliki media pembelajran yang menarik dalam Bahasa Inggris, praktik dan saling berbagi informasi yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah merancang sebuah media video percakapan interaktif dalam pengajaran speaking siswa bagi guru bahasa Inggris SMP Rahmat Islamiyah, Medan. Manfaat dari kegiatan ini adalah rancangan video interaktif ini dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris sebagai media pembelajaran yang efektif dalam materi Speaking dan rancangan video interaktif ini dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, serta rancangan video interaktif ini dapat dijadikan referensi tidak hanya bagi guru tetapi juga orang tua untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris anak. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah pemilihan materi disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas VII pada materi Speaking agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan siswa di dalam percakapan sehari-hari. Kemudian, Proses perekaman gambar untuk dijadikan sebuah video interaktif percakapan bahasa Inggris serta editing dan hasil rancangan video interaktif percakapan bahasa Inggris dirancang dengan baik sehingga memudahkan guru untuk menggunakan media ini dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris bagi siswa.


Keywords


Perancangan, media, video percakapan interaktif, speaking, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Adliani, S., & Abd, W. S. (2019). Pemanfaatan Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pbsi Ii, 141145.

Budiarso, I. (2019). Analisis Metode Communicative Language Teaching Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Guru-Guru Smk Dan Smp Islam Mandiri Bojong Gede. Jurnal Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3), 239247.

Dewi, C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Jurnal Inovasi Pembelajaran (Jinop), 3(November), 567575.

Manurung, I. D., Muhammadiyah, U., Utara, S., & Hidup, D. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Pada Remaja Usia Produktif Di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 3646.

Manurung, Y. H., & Siregar, F. S. (2018). Developing Students Critical Thinking On Speaking Through Socratic Questioning Method. International Conference On Language, Literature, And Education, 263(Iclle), 212216.

Naiborhu, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 712.

Siregar, F. S., Ningtia, R. A. A., Simamora, N. K. B., Manik, M. W., & Dewi, D. (2018). Komik Legenda Sumatera Utara Sebagai Peluang Usaha Kreatif Dan Inovatif Mahasiswa. Jurnal Sains Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 2732.

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), 127145.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Eningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran Pkn Di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187200. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Jenfol/Article/View/318




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.