Pemanfaatan Keong Mas Dalam Pembuatan Pakan Ayam Kampung Di Desa Kota Rantang, Kecamatan Hamparan Perak

Gustina Siregar, Yudha Andriansyah Putra

Abstract


Deli Serdang merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara dengan produktivitas mencapai 8,5 ton per hektar. Desa Kota Rantang yang merupakan salah satu desa dengan luas lahan persawahan 420 Ha dengan produktivitas berkisar 6,5 - 7 ton per hektar. Rendahnya produktivitas ini dibandingkan dengan rata-rata kabupaten disebabkan adanya serangan hama keong mas pada awal musim pertanaman. Keong mas sebagai hama tanaman padi dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan pakan ternak yang selama ini belum diketahui oleh petani setempat. Dalam pengabdian ini petani diberikan pengetahuan tentang pemanfaatan keong mas sebagai pakan alternatif ber protein tinggi bagi ternak mengingat petani di desa tersebut juga berusata ternak ayam kampung sebagai usaha sampingan.Selain itu manfaat tambahan produk pengabdian ini juga sekaligus dapat meminimalisi serangan hama keong mas, yang pada ahirnya dapat meningkatkan pendapatan petani Kegitan pengabdian dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi pada setiap proses sehingga petani mampu memproduksi hingga aplikasi pemberian pakan yang tepat pada petani. Bagi tanaman padi dapat meningkatkan kesuburan karena keong mas dapat dikurangi dengan pengendalian fisik. Dengan demikian dua masalah besar yang dihadapi petani dapat diatasi dengan baik. Dari hasil PKM dapat diperoleh peningkatan produktivitas padi hingga mencapai 7,8 ton per hektar dari sebelumnya 7,5 ton per hektar. pendapatan dari peternakan ayam kampong meningkat hingga 20 persen yang berasal dari penghematan biaya pakan, peningkatan bobot ayam yang dapat dipanen pada hari ke 70 yang sebelumnya dipanen pada hari ke 90 (3 bulan). Hal lain yang dapat diperoleh adalah pertumbuhan bulu ayam yang sehat dapat dilihat dari warna bulu yang lebih cerah sehingga harga jual menjadi Rp55.000 per kg dari sebelumnya Rp. 50.000/kg.


Keywords


pemanfatan, keong mas, pakan ternak

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2018, Hamparan Perak Dalam Angka , Badan Pusat

Satistik Deli Serdang

Nia Kurniawati, 2018, Potensi dan Pemanfaatan Siput Murbei Sebagai Bahan Pakan Ternak, Balai Besar Penelitian Padi. Sukamandi, Jawa Barat.

Suyamto, 2007, Pengaruh ketinggian air Terhadap Pertumbuhan KEong Mas.

Penelitian Tanaman Pangan, Sukamandi

Isnaningsih, N.,&Marwoto, R ,2011, Keong Hama, Pomacea di Indonesia: Kararter Morfologi dan Sebarannya (Mollusca, Gasterpoda: Ampullaridae. Berita Biologi, 441 -447

Kasidiyasa, dkk, 2018, Struktur Populasi Hama Pomaceae yang Menyerang Padi Sawah. Jurnal

Agroteknologi, 499 509.

Wiresyamsi, A. dan Haryanto, 2008, Pengendalian Hama KEong Mas dengan Teknik

Penangkapan dan Jebakan. CropAgro 137 -143.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.