Evaluasi Penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pada Masyarakat Miskin Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Medan Marelan)

Hastina Febriaty, Mistia Mistia

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan fokus penelitian Evaluasi Penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Masyarakat Miskin Di Kabupaten Medan Marelan Selama Pandemi Covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kabupaten Medan Marelan selama masa pandemi Covid-19. dan kebijakan apa yang telah diambil pemerintah untuk mengatasi masalah transfer tunai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kecamatan Medan Marelan Kota Medan selama masa pandemi Covid-19 sudah berjalan cukup baik namun dinilai kurang tepat sasaran. Hal ini disebabkan tingginya tingkat kecemburuan sosial masyarakat yang juga ingin menerima bantuan dari pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk menghindari konflik yang terjadi di masyarakat karena masyarakat menganggap dana BLT tidak didistribusikan secara merata, hanya kepada keluarga miskin. Adanya ketimpangan dalam proses penyaluran dana BLT tidak lepas dari keberadaan masyarakat miskin lainnya yang tidak terserap sepenuhnya menjadi penerima BLT.


Keywords


Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kebijakan Pemerintah, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Boediono. 1999. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE

Burhanuddin .(2021). Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Tua Nanga Kecamtan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020. Unversitas Muhammadiyah Mataram (Skripsi). Mataram

Eddyono, Suzanna, et. al. 2020. Pandemi dan Yang Tersingkir: Menakar Urgensi Kebijakan Inklusif Penanganan Covid-19. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM: UGM Press.

Mudrajad Kuncoro, (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Tangkilisan, Hessel N.S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo

Wibawa. Samodra. 2009. Evaluasi Kebijakan Publik. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta

Wongkar, Claudia. 2021. Bantuan Langsung Tunai Pemerintah Kepada Masyarakat Yang Terkena Dampak Pandemi Covid-19 (Studi di Kelurahan Kakaskasen 1).Jurnal Lex Administratum. Vol 9, No.4 9 2021. Hal 38-47).




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.