Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Ekonomi Kreatif

Isna Ardila, Mirsa Astuti, Yani Suryani

Abstract


Rendahnya pendidikan dan minimnya keterampilan menjadi hambatan bagi perempuan khususnya ibu rumah tangga untuk lebih produktif dalam membantu keuangan keluarga. Kegiatan ini untuk memberdayakan ibu rumah tangga di Kelurahan Tegal Sari Mandala II Kecamatan Medan Denai untuk dapat meningkatkan perekonomian keluarga melalui pelatihan pembuatan produk sabun cuci piring cair. Tujuan diadakannya kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci piring cair ini adalah untuk memotivasi ibu rumah tangga agar memiliki keinginan untuk berwirausaha, selain itu dengan adanya pelatihan ini ibu rumah tangga mampu membuat sabun cair sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Metode yang digunakan untuk pengabdian ini adalah metode ceramah dan demonstrasi. Selain itu juga dipelajari dari aspek keamanan bahan kimia yang digunakan serta analisis perhitungan harga pokok produksi dan perhitungan penjualan. Kualitas produk sabun cuci piring yang dibuat tidak jauh berbeda dengan produk sejenis yang ada di pasaran.


Keywords


pemberdayaan, ibu rumah tangga, ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


Alhempi, R. R., Anggraini, N., & Ulfah, M. (2020). Pengaruh Program Motivasi Kewirausahaan Dalam Membentuk Jiwa Kewirausahaan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(135141).

Elwardah, K. (2020). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga melalui Produksi Ekonomi kreatif (Studi Pengolahan Pelepah Pisang pada Mega Souvenir Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Hawa, 1(1), 2339.

Fatoni, R., & Fatimah, S. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Sabun Cair; Sebuah Upaya Pemberdayaan Anggota Aisyiah Di Wilayah Solo Raya. In The 6th University Research Colloquium (pp. 149152).

Pangestu, E. M. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.Cetak Biru Ekonomi Kreatif: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Pascasuseno, A. (2014). Ekonomi Kreatif:Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025.Bedah Cetak Biru Ekonomi Kreatif. Yogyakarta.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Rakib, M., & Syam, A. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Life Skills Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Produktivitas Keluarga di Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pirang. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 96108.

Rakib, M., Yunus, M., & Amin, N. (2018). Creative Industry Development Based on Entrepreneurship Training in Developing Local Economy in Parepare City. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 3245.

Solikhah, B., Suryarini, T., & Wahyudin, A. (2018). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Hidroponik. ABDIMAS, 22(2), 121127.

Wisadirana, D. (2004). Sosiologi Pedesaan. Malang: UMM Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.