Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Blender Pada Pt. National Super Medan
Abstract
Tujuan penulis adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan faktor kualitas produk, harga, citra merek, promosi terhadap keputusan pembelian. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan asosiatif. Teknik analisis data statistik deskriptif. Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian blender. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling jumlah sampel sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang diuji dan dianalisis dengan uji Regresi Berganda dan Uji Hipotesis (uji F dan t) serta uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap faktor kualitas produk yang ditunjukkan dengan thitung 9,354 > ttabel 2,013 dan harga yang ditunjukkan oleh thitung 2,114 > 2,013 terhadap keputusan pembelian, citra merek ditunjukkan dengan thitung 2,327 > ttabel 2,013 dan kenaikan pangkat ditunjukkan dengan thitung 2,467 > 2,013. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kualitas produk. harga, citra merek, promosi keputusan pembelian ditunjukkan dengan Fhitung 100,599 > Ftabel 2,46 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai R Square sebesar 89,9%. Sisanya 10,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti saluran distribusi. kualitas layanan, Desain dan variabel lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David. (2013). Manajemen Pemasaran Startegis. Jakarta : Salemba Empat
Abdullah, Thamrin Dan Tantri Francis. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.
Arianty, Nel, Jasin Hanifah, Nasution Perys L. Khodri, Christiana Irma. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan : Perdana Publishing
Daulay, Raihanah & Manaf Asmawita. (2017). Strategi & Workshop Kewirausahaan. Medan : Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli
Gultom, Dedek Kurniawan. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi 1(1):1-14
Gultom, Dedek Kurniawan, Ginting Paham, Sembiring Beby Kf (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. 14(1) :1-13
Gultom, Dedek Kurniawan Dan Jufrizen (2016). Nilai-Nilai Islam Sebagai Variabel
Mooderating Pada Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Swasta Di Kota Medan). Jurnal Ilmiah Maksitek. 1(1) : 1-13
Kotler, Philip Dan Amstrong Gary. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1 Edisi Terjemahan 12. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.
Lubis, Akrim Ashal . (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 16(2) : 1-11
Mursid. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara
Permana, Dony Indra. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu Dan Pintu Pt. Piji Jawa Timur. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. 2 (1) : 1-8
Prasetyo, Budi Dan Rismawati Yunita. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Harjaguna Lestari. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi. 3 (1) : 1-9
Setiyaningrum, Ari, Udaya Yusuf, Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta : Andi
Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, Fandy Dan Chandra Gregorius. (2012), Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset
DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
