Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan

Nadia Ika Purnama, Novien Rialdy

Abstract


Setiap perusahaan pada dasarnya ingin mencapai tujuan organisasi yaitu mencapai penjualan yang paling maksimal. Penjualan sangat penting bagi suatu perusahaan karena dapat menentukan perkembangan suatu perusahaan baik atau tidak. Jika penjualan tinggi maka perusahaan dapat berkembang. Begitu juga sebaliknya, jika penjualan rendah maka perusahaan susah berkembang. Kualitas Porduk dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan semakin baiknya kualitas produk, kepuasan pelanggan akan semakin gampang dicapai. Begitu juga dengan personal selling. Hal ini disebabkan personal selling merupakan salah satu cara penjualan yang bertattap muka langsung dengan pelanggan. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana pengaruh kualitas produk dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan alat-alat bangunan pada PT. Rodes Chemindo Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi adalah keseluruhan konsumen pada PT. Rodes Chemindo Medan yang berjumlah 160 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga 114 orang sebagai sampel. Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk dan personal selling secara serempak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Dan secara parsial kualitas produk dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelangan, serta personal selling merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan dibandingkan kualitas produk pada PT. Rodes Chemindo Medan. Kesimpulan penelitian ini adalah secara serempak dan parsial kualitas produk dan personal selling berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rodes Chemindo Medan.


Keywords


Kualitas Produk, Personal Selling, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


----------------------. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran : Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS.

Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. Ed. 1 Cetakan Keempat. Jakarta : Rajawali Pers.

Arief Rakhman, Kurniawan. 2014. Total Marketing (Segala Hal Tentang Marketing & Bagaimana Menjadi Sales Handal. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Kobis.

et.al. Arianty, 2015. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama, Medan : Perdana Publishing.

Etta Mamang, Sangadji & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Ed. 1. Yogyakarta : Andi Offset.

Husein, Umar. 2010. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Ed. 1 Cetakan Ketiga. Jakarta : Rajawali Press.

Irawan , Handi. 2016. 3 Rules for Success in Building Top Brands. Jakarta : Publishing One.

Irwan, Sudayat. 2014. Sales Zig-Zag : Menjual Sebanyak-banyaknya Menggunakan Prinsip Kreatifitas dan Kedashyatan Potensi Otak. Jakarta : Smart Pustaka.

Marwanto ,Aris. 2015. Marketing Sukses. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Kobis.

Masud, Machfoedz dan Mahmud Machfoedz. 2015. Kewirausahaan : Metode, Manajemen, dan Implementasi Edisi Kedua. Cetakan Pertama, Yogyakarta : BPFE.

Sofjan, Assauri. 2015. Manajemen Pemasaran. Ed. 1 Cetakan Keempat Belas. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susatyo, Herlambang. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) : Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Gosyen Publishing

Syofian, Siregar. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikassi SPSS Versi 17. Cetakan Kedua. Jakarta : Bumi Aksara

JURNAL

Mulyono, Bayu Hadyanto, Yoestini, Rini Nugraheni, dan Mustofa Kamal. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). JURNAL STUDI MANAJEMEN & ORGANISASI.

Rizan, Mohammad dan Yogha Anjarestu. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Majalah Info Bekasi (Studi Kasus PT. SIBK). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).

Zuliatin. 2016. Pengaruh Personal Selling, Direct Selling Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Kepuasan Nasabah Studi Kasus pada BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro Blitar. Jurnal Manajemen




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.