Pengaruh Biaya Operasional,Pendapatan Oprasional (Bopo),Loan To Deposit Ratio (Ldr) Dan Non Performing Loan (Npl) Terhadap Return On Assets (Roa) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta Indonesia

Surya Sanjaya, Rajoki Akbar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA), untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Assets ( ROA), untuk mengetahui , menguji dan menganalisis pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Asset (ROA) dan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh Operational Cost of Operating Income (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL). Return On Assets (ROA) pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019 dan sampel penelitian pada perusahaan perbankan sebanyak 11 perusahaan dengan masa observasi 5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji parsial, uji determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Operating Costs Operating Income (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return on Asset (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA), Non Performing Loan (NPL) tidak berpengaruh memengaruhi. Terhadap Return On Asset (ROA), Operating Costs Operating Income (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL) dan Return On Asset (ROA)

Full Text:

PDF

References


Agustiningrum, R. (2013). Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan dan Loan to Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan. Jurnal Universitas Udayana, 1(1), 885902.

Ayani, S., Raharjo, K., & Arifati, R. (2016). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Inventory Turnover, Ukuran Perusahaan Dan Umur Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Journal Of Accounting, 2(2), 115.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar - Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Defri. (2012). Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), likuiditas, Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan Di BEI. Jurnal Manajemen,1(1), 110.

Dendawijaya, L. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariant dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, H. M. (2011). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Indonesia, B. (2007). Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Berdasarkan Prinsip Syariah. Jakarta.

Indonesia, B. (2011). Peraturan Bank Indonesia Nomor 13/1/PBI/2011 tanggal 5 Januari 2011 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Jakarta.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Julita, J. (2011). Pengaruh Non Performing Loan (NPL) Dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Profitabilitas (Roa) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 8(8), 115.

Kasmir. (2014). Bank Dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.