Implementasi Teori Produksi ModelCobb-Douglas Function Untuk Umkm Makanan Siap Saji Di Kota Medan

Prawidya Hariani RS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah variabel bebas seperti tingkat modal, tenaga kerja dan upah yang diturunkan dari fungsi produksi Cobb-Douglas juga akan diterapkan pada model produksi usaha mikro dan kecil khususnya untuk fastfood di kota Medan. Dengan menggunakan data cross section yang diwakili oleh 120 responden UMKM yang memproduksi makanan olahan dengan waktu pengambilan data pertengahan tahun 2019, dapat disimpulkan bahwa hanya modal yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat produksi makanan siap saji, sedangkan untuk upah dan tenaga kerja. gaya tetap tidak signifikan setelah dua simulasi model, untuk menghilangkan pelanggaran asumsi klasik, yaitu multikolinearitas. Ternyata dengan menambahkan 2 variabel dummy yaitu lama usaha dummy dan skala pendapatan, hanya dummy pendapatan saja yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi makanan olahan. Kesimpulannya adalah untuk membuktikan valid atau tidaknya fungsi produksi untuk usaha mikro kecil kecilan fastfood hanya variabel modal yang berlaku sedangkan tenaga kerja dan upah tidak berpengaruh.


Keywords


Fungsi produksi Cobb-Douglas, UMKM fastfood

Full Text:

PDF

References


Basir Barthus (2009); Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Makro. Jakarta : Bumi Aksara.

Badan Pusat Statistik (2018). Indonesia Dalam Angka.Medan : BPS

Fandy Tjiptono (2008). Pemasaran Strategi.Cetakan Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Andi.

Gujarati (2006); Dasar-dasar Ekonometrika, Cetakan ke-3 Erlangga Jakarta

Kuncoro, Mudrajad (2015); Ekonomika Pembangunan. Masalah, kebijakan dan Politik. Jakarta : Erlangga

(2014); Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. (2007) Manajemen Pemasaran, Jakarta : Alih Bahasa Drs. Heruji Purwoko M.A, Erlangga. Cetakan Keempat.

Lamb, Charles W. dkk (2001). Pemasaran.Buku Satu. Jakarta : Salemba Empat.

Nugroho J Setiadi. (2005). Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Jakarta. Kencana.

Schiffman Leon G. Dan Kanuk, Leisle Lazar. (2007). Perilaku Konsuemen. Cetakan Kedua. Jakarta. PT. Indeks.

Sangadji, EM dan Sopiah (2012); Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis, Edisi I, Cetakan 1, Penerbit ANDI Yogyakarta

Tambunan,TH Tulus (2009). UMKM di Indonesia.Jakarta: Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.