Market Place Medan di Facebook: Analisis Diksi dalam Postingan

Yusni Khairul Amri, Sri Handayani

Abstract


Kajian pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan diksi yang ada dalam postingan market place medan di facebook. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dengan teknik mengumpulkan data postingan pada market place dan data sekunder digunakan buku referensi sebagai literatur yang digunakan untuk menganalisis objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis penggunaan diksi yang diperoleh hasil penelitian bahwa dalam postingan market place medan di facebook terdapat penggunaan diksi yang tidak tepat, yang meliputi makna denotatif dan konotatif, Leksikon homonim, Leksikon slang dan jargon, penggunaan istilah asing serta Leksikon umum dan khusus. Peneliti menemukan penggunaan diksi yang ditemukan dalam postingan Market Place Medan di facebook adalah makna denotatif, makna konotatif, Leksikon homonim, leksikon asing, leksikon jargon, leksikon slang serta leksikon umum dan khusus. menemukan dua leksikon yang berdenotatif, dua leksikon yang berkonotatif, lima leksikon homonim, empat penggunaan istilah asing, delapan leksikon slang, tiga leksikon jargon, dua leksikon yang bermakna umum dan empat leksikon yang bermakna khusus. Penggunaan diksi istilah asing yang paling dominan ditemukan dalam postingan Market Place Medan di facebook Penggunaan diksi istilah asing yang paling dominan ditemukan dalam postingan Market Place Medan di facebook.


Keywords


Diksi, Market Place Medan dan Facebook

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Moh. 2019. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Penggunaan Diksi Pada Iklan di Info Kota Palu. ISSN 2302-2043

Ariffin, Zaenal. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta; Akademika Pressindo

Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta; Asdi Mahasatya

https://www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/?amp. (22 Febuari 2021).

Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta; Gramedia

K, Abdullah, H. 2018. Beberapa Metodologi Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Samata-Gowa; Gunadarma Ilmu

Latifah, Chori. 2016. Penggunaan Diksi dalam Karangan Berita Siswa Sekolah Menengah Pertama. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4(1):86.

Manaf, Ngusman Abdul. 2010. Semantik Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.

Moleong, J. Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nufrianti, Surianjana. 2019. Penggunaan Diksi dalam Narasi Fantasi Siswa Kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. 3(2):222.

Rahardi, Kunjana. 2009. Penyuntingan Bahasa Indonesia Untuk Karang-mengarang. Yogyakarta; Erlangga

Reskian, Andika. 2018 Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Analisis Penggunaan Diksi Pada Karangan Narasi Di Kelas X IPS II SMA Negeri 1 Palu. ISNN 2302-2043 Jurnal Bahasa dan Sastra. 3(2):5.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Bandung.Wardani, Theresia Dessy. 2020. Penggunaan Diksi pada Wacana Sederhana (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas PGRI Palangka Raya) Jurnal MERETAS Juni 2020, Volume 7 Nomor 1 file:///C:/Users/HP/Downloads/160-13-612-1-10-20200704.pdf




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.