Strategi Promosi Pedagang UMKM untuk Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus UMKM Lingkungan Universitas Muhammadiyah)

Siti Mujiatun, Sri Masyuli Manullang

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada pedagang UMKM di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi pedagang UMKM untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemi covid-19. Penelitian yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu analisis data yang bersifat eksplanatori dan informatif yang akan dikaitkan dengan teori-teori yang akan dibahas dalam penelitian kualitatif dan memberikan kesimpulan dari penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah para pedagang UMKM di sekitar area kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan daerah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dan analisis data terdiri dari teknik induktif, teknik deduktif dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh mengenai strategi promosi pedagang UMKM untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemi covid-19 (Studi kasus UMKM lingkungan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) menggunakan konsep bauran promosi untuk meningkatkan pendapatan mereka selama pandemi covid-19. , antara lain penerapan strategi promosi periklanan, personal selling, dengan menggunakan media promosi dan promosi penjualan dengan penerapan strategi tersebut mampu meningkatkan pendapatan di masa pandemi covid-19.


Keywords


Promotion strategy, MSME traders, qualitative descriptive approach

Full Text:

PDF

References


Aris Ariyanto et.al, Strategi UMKM dimasa Pandemi (Sumatera Barat : Insan Cendekia Mandiri, 2021)

Adhi Kusumastuti dan Ahmad Mustamil Khairan. Metode Penelitian Kualitatif (Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019)

Alma dan Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Bandung : Alvabeta, 2014)

Alvia Pratiwi Putri et.al, Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Blado, Kabupaten Batang (9 Agustus 2021)

Azuar Juliandi et.al, Metedologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi, (Medan : Umsu Press, Des 2014) http://umsupress.com

I Putu Yos Saputra, Penentuan Strategi Promosi Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Mobil Di Showroom, dalam Jurnal Manajemen & Bisnis, Issn : 1892-8486, No.2 Volume 13. 2016.

Iranita Peranan Faktor Promosi Dalam Memasarkan Produk Terhadap Perilaku Pembelian Online Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kota Tanjungpinang) dalam Jurnal Bahtera Inovasi, No.1 Volume 4. 2020

Lexy J.Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2016),

Marceline Livia Hedynata dan Wirawan E.D Radianto, Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack, dalam jurnal manajemen dan start-up bisnis, No.1 Volume 1. 2017.

Mudrajat Kuncoro, Sebagaimana Di Kutip Oleh, Muhammad Faiz Daroini Promosi Pada Perusahaan Konveksi Aba Collection Tulungagung Dalam Menghadapi Persaingan Strategi Bisnis Ditinjau Dari Ekonomi Islam, Skripsi, 2013

Priccilia Natalia dan Mumuh Mulyana, Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, dalam Jurnal Manajemen Kesatuan Vol.02, h.127

Rahajeng KH, Sederet Jurus Pemerintah Pulihkan UMKM di Indonesia, didapat dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20210428163320-4-241590/sederet-jurus-pemerintah-pulihkan-umkm-di-masa-pandemi Internet (diakses tanggal 25 Agustus 2021).

Ramsiah Tasruddin, Strategi promosi periklanan yang efektif, dalam Jurnal Al-Khitabah , No.1 Volume 2. 2020.

Randi Rahman, Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Usaha Budi Daya Ikan Lele Mitra Multi Tani Lestari Di Desa Lambusa Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan), dalam Skripsi Ekonomi Bisnid Islam, 2017.

Robert Bogdan dan Steven J, Taylor, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Surabaya : Usaha Nasional,1993)

Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian kualitatif, konsep dan aplikasi dalam ilmu sosial, keagamaan dan pendidikan (Bandung:Citapusaka Media,2012)

Sesra Budio, Strategi Manajemen, dalam Jurnal Menata, No.2 Volume 2. 2019.

Supply Chain Indonesia, Strategi Untuk Pelaku UMKM dimasa Pandemi, didapat dari https://supplychainindonesia.com/strategi-pemasaran-untuk-pelaku-umkm-di-tengah-pandemi-covid-19/ Internet (diakses tanggal 09 Agustus 2021).

W.J.S.Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN.Balai Pustaka,Jakarta 2009.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.