Melatih Pelaku UMKM Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun VII Manunggal
Abstract
Teknologi digital sudah sangat familiar di era ini bahkan untuk segala usia. Pemanfaatan teknologi digital yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan pemasaran terhadap produk bisnis yang dimiliki oleh para pelaku UKM. Namun minimnya wawasan dan edukasi bagi para pengusaha UKM menyebabkan penggunaan internet yang kurang optimal dalam mendukung usahanya. Salah satu pemanfaatan internet dalam manajemen bisnis adalah digital marketing yang merupakan salah satu upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui media internet untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas. Produk-produk UKM yang dimiliki oleh para pelaku usaha di Dusun VIII Desa Manunggal adalah produk makanan dan pemasarannya hanya dilakukan penjualan langsung dengan menawarkan melalui door to door atau tatap muka. Sulit untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, pemberian pelatihan dan pendidikan tentang pemanfaatan digital marketing dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan pengusaha UMKM dalam pemanfaatan digital marketing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elisa Susanti. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, Volume 1, 36. Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Sawala/Article/View/26588/Pdf
Ginanjar Abdurrahman. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1, 88. Http://Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id/Index.Php/Manage/Article/View/3981/2869
Maxmanroe.Com. (2014). Mengenal 3 Perkembangan Teknologi Sosial Media. 1 Februari 2014.
Media, S. (1994). Social Media. In Media. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.7207/Twr16-01
Nur Rahmah Amini. (2021). The Effectiveness Of Online Kajian Al-Islam And Kemuhammadiyahan Assessment In The Time Of Covid-19 University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. Proceeding International Seminar Of Islamic Studies, 859. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Insis/Article/View/6454
Tim Penyusun Kamus P3b. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ke D). Balai Pustaka.
Yahya Ibnu Syifa. (2021). Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2. Https://Jurnal.Untidar.Ac.Id/Index.Php/Abdipraja/Article/View/3602/Pdf
DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8457
Refbacks
- There are currently no refbacks.