Perancangan Alat Pencuci Tangan Pada Posyandu Desa Karang Tengah

Elvy Sahnur Nasuton

Abstract


Program kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini dilaksanakan pada bulan September di Desa KarangTengah dengan mengutip Tema di bidang Kesehatan Masyarakat.. Program ini bertujuan menciptakan lingkungan yang sehat serta mengubah perilaku masyarakat agar selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa mencuci tangan itu penting setelah melakukan pekerjaan atau aktifitas. Program ini diangkat dari suatu masalah di Desa Karang Tengah yaitu fasilitas alat pencuci tangan di balai desa dan di posyandu kurang memadai. Maka mahasiswa membuat suatu program yaitu dengan membuat alat pencuci tangan dari baja ringan dengan menggunakan sistem injak. Dan faktor pendukung dari kegiatan ini adalah antusias dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan mereka. Hasil dari kegiatan ini adalah selesainya pembuatan beberapa alat Pencuci Tangan dari Baja Ringan yang diletakkan di balai desa dan posyandu Desa Karang Tengah.. Adapun kendala yang dihadapi adalah pembelian alat dan bahan dalam proses dan pembuatan alat pencuci tangan karena toko yang menjual bahan tersebut jauh dari desa


Keywords


KKN, Kesehatan Masyarakat, Alat Pencuci Tangan, Baja Ringan

Full Text:

PDF

References


Apriawan, K. 2019. Laporan KKN

Penarungan Periode XVI. Denpasar: Universitas Udayana.

KarangTengah.https://id.wikipedia.org/wiki/K arang_Tengah,_Serba_Jadi,_Serdang_ Bedagai. 2021

Surata, Sang Putu Kaler., dkk, 2014. Implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi Secara Terpadu Melalui Elaborasi Konsep Perampian Pura Kehen Bangli-Bali. Vol. 5. N0 1.

Syardiansah. 2019. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam. No. 1. Vol 7: 57.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.