Pengaruh Religiusitas Harga dan Supply Chain Managemen Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart Wilayah Kota Medan

Muhammad Fahmi, Fikri Hermawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, harga dan supply chain management terhadap keputusan pembelian pada Gerai 212 Mart Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada gerai Koperasi 212 Mart Syariah di kota Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t dan uji F serta koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel religiusitas terhadap keputusan pembelian dimana t hitung sebesar 3,807 sedangkan t tabel sebesar 1,984. Variabel harga juga memiliki hubungan yang signifikan terhadap keputusan pembelian dimana t hitung sebesar 4,998 sedangkan t tabel sebesar 1,984. Variabel supply chain management juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dimana t hitung sebesar 4,523 sedangkan t tabel sebesar 1,984. Secara simultan religiositas, harga dan supply chain management berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana F hitung sebesar 46.312 sedangkan F tabel sebesar 3,09. Penelitian ini merekomendasikan agar pengelola 212 Mart perlu menawarkan harga yang lebih kompetitif untuk menarik konsumen, karena ternyata variabel harga memiliki pengaruh yang paling signifikan diantara variabel yang diteliti. Selain itu, supply chain management juga perlu dipantau dengan baik, agar ketersediaan produk selalu terjaga guna memberikan kepuasan kepada konsumen 212 Mart.

Keywords


Religiusitas, Harga, Manajemen Rantai Pasokan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, C., & Hermawan, D. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andy Offset.

Ancok, A., & Suroso, S. (2001). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Christiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 1219.

Douahy, J., & Jabnoun, N. (2005). Islam And Management (Internatio). India: International Islamic Publising House.

Fahmi, M. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 6572.

Fauzia, D. R. S., Pangestu, E., & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Religiusitas, Setifikasi Halal, Bahan Produk Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 66(1), 3746.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, D. K. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 8194.

Jalaluddin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian: Konsep dan Aplikasi. (F. Zulkarnain, Ed.). Medan: UMSU Press.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong. (2008). Marketing: An Introduction (Internatio). New Jersey: Prantice Hall.

Lee, M., & Jhonson, C. (2011). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Globa; (3rd ed.). Jakarta: Kencana.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 111. https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.949

Marwoto, B. H., & Herlambang, S. (2014). Pengantar Ilmu Bisnis. Yogyakarta: Perama Publishing.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Muis, M. R., & Fahmi, M. (2017). Pengaruh Promosi dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(3).

Mursid. (2003). Manajemen Pemasaran (3rd ed.). Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Nasution, A. E., & Putri, L. P. (2018). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli online. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Online, 6681, 491497.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 17. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/5/052052

Prihatmanto, B. H. (2018). Supply Chain: Manajemen, Ilmu Pengetahuan, Strategi dan Praktik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ramayulis, R. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(02), 135143.

Setiawan, T. (2013). Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal of International & Management System, 6(1), 3346.

Shinta, A. (2014). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Shofwa, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk dan religiusitas terhadap keputusan nasabah produk simpanan pada bsm cabang purwokerto. Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 189217.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suharto, R., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Acaunting Review, 1(2).

Sukirno, S. (2004). Pengantar Bisnis (1st ed.). Jakarta: Prenada Media.

Summarwan, U. (2015). Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. Bogor: IPB Press.

Sutoyo, S. (2013). Manajemen Pemasaran - Untuk Eksekutif Non Pemasaran, Damar, Jakarta.

Tariqi, H. A., & Abdullah, A. (2004). Ekonomi Islam Prinsip, Dasar dan Tujuan. Yogyakarta: Magistra Insania Press.

Victor, C. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu di Jakarta. Jurnal MIX, 3(2), 211230.

Wibowo, S. F. (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (SUrvey Pada Pengunjung Mega Bekasi Hipermall. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 115.

Wijayanto, P. W. (2009). Pengaruh harga jual, promosi dan distribusi terhadap volume penjualan pada pp. setia kawan di purwokerto. Jurnal Pro Bisnis, 2(1), 111.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz, 4(2), 125136.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.